Hak Cipta @Redaksi

Desa Rumbio Madina Kembangkan Ikan Air Tawar Lewat BUMDes

Foto : Panen ikan air tawar milik BUM-Des Desa Rumbio Madina.

Panyabungan, StArtNews – Melalui Dana Desa (DD) Desa Rumbio Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal (Madina) kembangkan unit usaha perikanan darat air tawar melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Demikian disampaikan kepala Desa Rumbio Khairul Anwar kepada StArtNews, Senin (1/4/2019) disela panen ikan milik BUMDes.

Jenis ikan yang dikelola ialah ikan Patin, Bawal, Mas, Gurami, dengan kolam dikontrak BUMDes. Untuk saat ini sudah 3 unit usaha yang mereka kelola yaitu kebun Hortikultura, jasa air bersih dan perikanan.

“Sejak tahun 2017 dari dana desa untuk BUMDes dialokasikan bagi 3 unit usaha tersebut.  Juga ada pembibitan ikan air tawar, pelatihan dibahas 2018, pelatihan pembibitan, budidaya, pembuatan pakan sudah masuk dalam renja APBDES dilaksanakan tahun 2019,” ujarnya.

Dijelaskannya target awal hasil panen ikan membutuhi pengecer di desa Rumbio, kemudian mulai mengarah keluar sampai saat ini sudah dijajaki ke Kabupaten Palas dan Paluta.

Katanya melalui musyawarah desa untuk meningkatkan pendapat petani ikan air tawar melalui BUMDes, mulai dari pakan, bibit, dengan bagi hasil 70 % petani 30% BUMDes. Dengan 5 Kelompok petani ikan, 2 kelompok pembibitan, dan 3 kelompok pembudidaya 10 orang/kelompok.

“Tujuan utama kembali bersemangat petani ikan perekonomian masyarakat meningkat, pemanpatan lahan yang selama ini kosong akibat lesunya petani ikan air tawar. Sambil berjalan kita jalin kerja sama dengan pabrik pakan agar harga lebih terjangkau, disamping itu sambil menunggu pembuatan pakan ini,” imbuhnya.

 

Reporter : Z. Ray

Editor : Hanapi Lubis

 

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...