Dianggap Lalaikan Tugas, Orang Tua Siswa SDN 049 Sidojadi Minta Kepsek Dicopot

Panyabungan, StArtNews-Dianggap telah melalaikan tugas sebagai Kepala Sekolah, ratusan orang tua dan warga Sidojadi menandatangani surat Protes dan Keberatan terhadap kepala sekolah SDN 049 Sidojadi atas nama Budi Ashar, S.Pd. Surat Protes dan Keberatan tertanggal 13 Agustus ini ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Mandailing Natal.

Dari kopian surat yang diterima StArtNews pada Senin (2/9/), ada 4 poin penting yang melatar belakangi surat protes itu terutama prestasi sekolah dan kualitas pendidikan anak yang menurun. Bahkan ditengarai ada siswa kelas 3 dan kelas 4 yang belum bisa baca tulis, akibatnya ada sejumlah orang tua memilih memindahkan anaknya dari sekolah itu kesekolah lain.

Jarangnya Kepala Sekolah hadir juga menjadi alasan warga melayangkan surat ke Kadis Pendidikan, dalam sebulan menurut surat itu, oknum Kepala Sekolah hanya hadir dua kali saja untuk mengawasi proses belajar mengajar, akibatnya proses belajar mengajar tidak berjalan baik.

Tidak terjaganya lingkungan sekokah juga menjadi salah satu tuntutan dalam surat yang ditandatangani para orang tua, dan terkait keberadaan komite sekolah yang sudah dibubarkan sekitar satu setengah bulan yang lalu. Seyogianya Kepala Sekolah tanggap untuk membentuk komite sekolah yang baru. Namun, karena ketidakhadiran kepala sekolah dan tidak adanya pelimpahan wewenang memunculkan kekhawatiran adanya penyalahgunaan wewang. Hal ini tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dalam surat yang ditandatangani oleh 143 orang tua siswa dan warga ini, meminta Kepala Dinas Pendidikan Mandailing Natal untuk memberhentikan kepala sekolah saat ini dan mengangkat Kepala Sekolah baru yang punya komitmen penuh untuk menjaga prestasi sekolah, menjaga kualitas proses belajar mengajar, terutama peningkatan baca tulis anak didik, dan menjaga lingkungan sekolah agar bersih, sehat, dan ramah anak.

Reporter: Roy Adam

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi