Dinas Ketahanan Pangan Angkat Topik KRPL Tanaman Rak Susun di Pameran HUT ke-21 Madina

Dinas Ketahanan Pangan Angkat Topik KRPL Tanaman Rak Susun di Pameran HUT ke-21 Madina

Foto: Stand Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mandailing Natal pada Pameran Pembangunan HUT ke-21 Madina.

Panyabungan, StArtNews-Pada pameran pembangunan yang diselenggarakan untuk memeriahkan hari jadi ke-21 Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Dinas Ketahanan Pangan Madina mengangkat tema Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Hal ini terlihat pada stand Dinas Ketahanan Pangan Madina yang menunjukkan pemanfaatan pekarangan rumah tangga yang terbuat dari hidroponik (pot rak susun atau bertingkat), seperi tanaman Sawi Hijau, Daun Bawang, Kangkung, Bayam dan buah-buahan. Hidroponik ini bisa dibuat dengan memanfaatkan lahan-lahan sempit di sekitar rumah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Taupik Zulhandra Ritonga megatakan tanaman hidroponik ini sangat bagus dikembangkan oleh setiap rumah tangga pada lahan sempit yang tersedia baik di pedesaan maupun di perkotaan.

“Sehingga nanti bisa menunjang kebutuhan sayur dan buah-buahan untuk setiap rumah tangga,” kata Zulhandra Ritonga.

Selain untuk konsumsi tinggkat rumah tangga, tanaman hidroponik ini juga bisa mengurangi pengeluaran kebutuhan rumah tangga, terlebih untuk pembelian sayur, buah-buahan atau bahan dapur seperti daun bawang atau seledri.

“Misal sayur Sawi yang ditanam pada rak susun selama 38 hari sudah bisa dipanen. Jadi, untuk pengeluaran belanja sayur bisa berkurang bagi ibu rumah tangga dan ini pun bisa dijual kembali ke konsumen sehingga pendapatan rumah tangga bisa meningkat,” ujarnya.

Foto: Bupati, Ketua DPRD dan Pimpinan OPD Mengunjungi Stand pada Pameran Pembangunan HUT ke-21 Madina.

Pameran pembangunan ini dibuka langsung oleh Bupati Madina, Drs. Dahlan Hasan Nasution. Pameran ini disiapkan untuk memeriahkan HUT ke-21 Madina. Pameran diadakan di Blok C Taman Raja Batu di pelataran komplek perkantoran Payaloting, Minggu (8/3).

Selain Bupati Madina, Ketua DPRD Madina; Erwin Efendi Lubis juga turut hadir dalam pembukaan pameran pembanguan tersebut yang juga dihadiri sejumlah Forkopimda lainnya.

Pantauan StArtNews di lokasi pameran, Bupati menyisir keseluruhan stand yang memeperlihatkan pencapaian Pemerintah KabupatenMadina.

 

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...