Hak Cipta @Redaksi

Dinas Pendidikan Madina Gelar FLS2N Tingkat SD dan SMP

Panyabungan, StArtNews – Guna meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya belajar, berkarya dan mengembangkan potensi diri, serta sikap kompetetif bagi pelajar, Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2019 tingkat SD dan SMP seKabupaten Mandailing Natal. Pembukaan sekaligus pelaksanaan kegiatan tersebut di selenggarakan dilapangan SMP Negeri 1 Panyabungan, Jalan Bhakti ABRI Ujung, Panyabungan, Rabu (28/6/2019).

Kadis pendidikan Madina Jamila SH dalam kata sambutannya menyampaikan, Kegiatan ini menjadi sarana untuk pembinaan generasi kedepan sebagai upaya menjadikan serta menumbuhkan kecintaan terhadap segala bentuk budaya khususnya budaya yang ada di Madina dan Nusantara pada umumnya.

“Kami harap dan minta kepada seluruh kepala sekolah dan guru untuk dapat memfasilitasi siswa siswi dalam mengembangkan bakat dan minatnya baik itu didalam kelas, ekstra kurikuler maupun lomba- lomba lainnya, dan harapan kita nantinya dapat terjaringnya peserta didik kita yang betul-betul unggul dan berprestasi pada bidangnya, yang seterusnya dapat kita utus sebagai peserta lomba pada jenjang berikutnya ketingkat provinsi maupun ke tingkat nasional,” ucap Jamila Harahap SH.

Selanjutnya disampaikan, kegiatan yang kita laksanakan ini sesuai dengan thema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, yakni, “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan’. Oleh karena itu, Ibu harapkan agar ananda para peserta menunjukkan karakternya agar menjadi yang terbaik, supaya bisa nantinya menjadi utusan provinsi Sumatera Utara untuk tingkat nasional, ucapnya.

Diakhir kata sambutannya Kadis pendidikan Madina menyampaikan,”Sangat banyak sekali manfaatnya yang kita ambil dari kegiatan ini, baik untuk diri pribadi, peserta didik maupun orang’lain yang berada pada lingkungan maupun sekitarnya. Akhirnya dalam kesempatan ini secara resmi festival Lomba Siswa Seni Nasional (FLS2N) seKabupaten Madina tahun ini dibuka,” ucap Jamila Harahap SH.

Sementara itu ketua panitia Hj Cinta Ria S.Pd dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah, motifasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa berbakat dan berminat pada seni budaya untuk dapat mengembangkan kemampuannya pada FLS2N.

Selain itu disebutkan,” Juga untuk membina dan meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap nilai nilai seni dan budaya dalam upaya peregenerasian pecinta seni seni dan budaya yang berakar pada budaya bangsa. Mengembangkan sikap kompetitif, kerjasama dan sportifitas dalam diri siswa yang berwawasan global dan menjalin persahabatan dalam proses melestarikan seni budaya Indonesia, “sebutnya.

Dijelaskan, untuk peserta kegiatan merupakan satu kelompok utusan dari setiap wilayah, dengan rincian 17 wilayah kecamatan. Untuk bidang yang diperlombakan dalam kegiatan ini ada empat lomba untuk tingkat SD dan SMP, yakni Kreatifitas tari, Musik tradisional, Gitar Duet dan Menyanyi Solo. Dan bagi peserta terbaik yang menjadi juara akan dibina untuk menjadi utusan kabupaten Madina untuk ditingkat provinsi Sumatera Utara.

Terlihat hadir dalam kesempatan itu selain Kadis Pendidikan Madina Jamila Harahap SH, juga turut hadir Kabid PTK Cinta Ria S.Pd, Kasi Pembinaan Karakter Ade Elvia Nora SE, Kasi PTK PAUD dan Non Formal Betty Ermaini, Para korwil Dinas Pendidikan Kecamatan dan panitia serta staf Dinas pendidikan Madina yang ikut mensukseskan kegiatan.

Pantauan StArtNews, para peserta FLS2N yang merupakan utusan dari 17 Kordinator wilayah dinas pendidikan Madina, dengan antusias mengikuti kegiatan, masing-masing peserta menampilkan talenta dan kemampuan yang dimiliki agar menjadi peserta terbaik dan akan menjadi duta madina tampil di ajang berikutnya.

Reporter : Z. Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...