Dinas Pendidikan Madina Serahkan Hadiah Pemenang Lomba KSN

Panyabungan, StArtNews-Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD dan SMP Tingkat Kabupaten Madina.

Penyerahan hadiah pemenang KSN itu dilaksanakan di Aula SMP Negeri I Panyabungan, Selasa (15/12) yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Madina, Gong Matua; Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Ade Elvia Nora, SE; kepala sekolah dan Korwil Dinas Pendidikan Madina.

Adapun juara KSN mata pelajaran Matematika tingkat SD Juara I, Jihad Siregar dari SD 307 Sikumbu; Juara II, Muthi Zain Prayogi SD 116 Percontohan; Juara III, Putri Hanisah SD 073 Jambur Padang Matinggi.

Untuk OSN mata pelajaran IPS tingkat SD, Juara I M. Farhan Nasution SD 081 Panyabungan. Juara II, Andrean Riski Pratama SD 193 Kotanopan dan Septian Pramanda SD 243 Alahankae menjadi juara III.

Sedangkan juara KSN mata pelajaran matematika tingkat SMP juara I, Ulil Hidayah SMP Negeri I Tambangan; juara II Reza Putra Sahbana SMP Negeri I Batang Natal; dan juara III Wardah Azizah SMP Negeri 4 Kotanopan. Pemenang pada OSN mata pelajaran IPS tingkat SMP juara I Refa Maulana SMP Negeri I Sinunukan, juara II Nur Halimah Nasution SMP Negeri I Panyabungan dan juara III Susi Olivia Silitonga SMP Negeri I Siabu.

Selanjutnya KSN IPA tingkat SMP pemenangnya; Juara I Bunga Lestari SMP Negeri 2 Natal; Juara II Anisa Nur Azzahra SMP Negeri I Siabu dan Juara III Bima Sakti Prayoga SMP Negeri 6 Natal.

Kepala Dinas Pendidikan Madina Gong Matua menyampaikan meski pembelajaran secara daring karena pandemi Covid-19 Dinas Pendidikan masih bisa melaksanakan kegiatan KSN tingkat SMP dan SD.

“Di masa pandemi corona ini pembelajaran dilaksanakan secara daring, di sela-sela itu Dinas Pendidikan tetap mengadakan lomba sains nasional yang dilaksanakan secara daring,” ucap Gong Matua.

Gong mengungkapkan soal KSN tingkat SMP langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Walaupun anak-anak kita ini juara kabupaten tetapi mereka sudah teruji secara nasional karena soal-soal yang dibahas anak-anak pada KSN ini sudah secara nasional,” jelasnya.

Gong Matua merasa bangga kepada anak-anak yang bisa meraih juara pada KSN ini, karena di masa pandemi corona anak-anak ini masih bisa meraih prestasi.

“Di masa pandemi Covid-19 anak-anak kita ini masih bisa menunjukan prestasi di kabupaten ini, ini perlu kita apresiasi. Kepada anak-anak yang belum meraih juara kami berharap bersabar,” ujarnya.

Ke depan, kata Gong ini akan terus diperhatikan dan terus dibina agar anak-anak tersebut bisa meraih juara di tingkat provinsi maupun nasional.

Dinas Pendidikan Madina memberikan berupa cenderamata kepada anak yang berprestasi ini sebagai pendorong agar lebih semangat untuk mengikuti lomba berikutnya, baik di tingkat provinsi dan nasional.

Sementara Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Ade Elvia Nora, SE, mangatakan KSN tingkat SMP dilaksanakan secara daring dab soal perlombaan langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“KSN tingkat SMP pelaksanannya dilakukan secara daring, untuk tingkat SD pelaksanaannya tatap muka. Sementara untuk panitia dan menyiapkan soal langsung dari pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan untuk pemenang KSN ditetapkan oleh kepala Dinas Pendidikan,” jelasnya.

Reporter: Putra Saima

Editor: Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi