Disnakertrans Madina Buka Tujuh Jurusan Pelatihan Bagi Generasi Muda

Panyabungan, StArtNews-Pemkab Mandailing Natal (Madina) cq Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) membuat pelatihan bagi generasi muda dengan 7 jurusan atau kelas. Nantinya setiap peserta minimal akan berlatih selama 160 jam.

Hal itu disampaikan Salamuddin S.kom, Kabid Tenaga Kerja Disnakertrans, di sela pawai Karnaval HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Kamis (15/8/2019).

Salamuddin menjelaskan saat ini pelatihan berbasis kompetensi yang dibuat sedang berlangsung untuk tujuh jurusan dengan jam pelatihan minimal 160 jam.

“Jurusan yang disediakan yaitu, TKR servis mobil bensin, sepeda motor konvensional, menjahit, tata rias, listrik automasi industri, TIK, dan las. Kapasitas per kelasnya 16 orang untuk setiap jurusan,” ucapnya.

Ia melanjutkan keikutsertaan Disnakertrans dalam barisan karnaval sebagai ajang promosi dan pengumuman adanya pelatihan bagi anak muda atau tamatan SMA sederajat yang ingin memperoleh keterampilan.

“Rencana ke depannya kerja sama dengan kecamatan untuk memberikan pelatihan TIK kepada aparatur desa dan masyarakat. Karena di desa banyak aparatur yang belum mengerti mengoperasikan komputer. Padahal mereka memiliki laptop atau komputer,” katanya.

Faisal, salah seorang peserta pelatihan jurusan TIK asal Desa Bonan Dolok, mengatakan sangat terbantu atas pelatihan TIK yang diterima. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena adanya kegiatan ini.

“Terima kasih kepada pemerintah yang melatih keterampilan bagi kami, nantinya kita akan memiliki kemampuan dalam bekerja,” ujarnya.

Reporter: Z Ray

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...