Hak Cipta @Redaksi

Ditangan Lolotan Efendi Lubis, Batang Pohon Kelapa Diolah Jadi Barang Berharga

Panyabungan.StArtNews- Batang kelapa memang diketahui banyak membuat manfaat bagi masyarakat, mulai dari Buahnya yang menjadi santan, daunnya yang bisa menjadi ketupat dan tulabg daun nya bisa jadi sapu lidi, belum lagi batok kelapanya yang bernilai export tentunya.berbicara masalah batang kelapanya, tentu juga bernilai ekonomis, selain bisa dimanfaatkan menjadi papan, ternyata juga bisa diolah menjadi beragam hiasan dan pernak pernik rumah tangga.

Ditangan Lolotan Efendi Lubis, seorang pengrajin yang bergabung dalam bengkel Galeri Kampung Kaos Madina atau KKM yang beralamat di Jalan Lintas Timur, Gang Jambu Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, batang kelapa disulap menjadi barang berharga yang bernilai Ekonomis dan Inovatif.

Reporter StArtNews Hasmar Lubis yang berkunjung ke bengkel Galeri Kampung Kaos melaporkan,  beragam jenis olahan Lolot Efendi Lubis telah di pamerkan di Gakeri Kampung Kaos bahkan sudah memasuki pasar luar Daerah.olahan batang kelapa tersebut seperti Gelas, Piring, Mangkok Cembung serta asesoris lainnya seperti gelang dan hiasan dinding .

Lolot Efendi Lubis sang pengrajin  kepada StArtNews menjelaskan, cukup sulit untuk memilih bahan baku batang pohon kelapa yang bisa di jadikan pernak pernik dan peralatan hiasan rumah tangga, karena selain harus memilih karakter batang yang cukup usia, terkadang, dirinya juga harus bekerja extra hati hati sebab banyak juga struktur batang kelapa yang gampang pecah ketika dilakukan prosesn pengolahan.

Bahan baku sendiri kata Lolot Efendi Lubis diperoleh dari sisa sisa pohon kelapa yang di tumbang pemiliknya, selain itu ada juga yang memang sengaja di beli dari pemilik pohon kelapa.

Dalm satu hari, Lolot bisa memproduksi 10 sampai 15 buah  beragam jenis pernak pernik hiasa dari pohon kelapa ini, tentunya didukung dengan peralatan yang ada di bengkel Galeri kampung Kaos Madina.

Bagi anda yang tertarik untuk memiliki hasil karya putra Daerah Mandailing tersebut, anda silahkan berkunjung ke Galeri kampung Kaos yang ada di Jalan Lintas Timur, Kelurahan Sipolu Polu, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Setiap jenis pernak pernik olahan dari batang kelapa, Galeri Kampung Kaos menjualnya berpariati seperti Piring dibandrol dengan harga Rp. 100.000 / piring nya, sementara Gelas klasik dihargai Rp. 65.000 / gelas nya dan Mangkok Cembung  segarga Rp. 120.000.

Reporter : Hasmar lubis

Editor : Hanapi lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...