DPRD Madina Desak Pemda Atasi Kesemrawutan Kota Panyabungan

Panyabungan, StArtNews-Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Dodi Martua mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) Madina untuk mengatasi kesemrawutan di pusat ibu kota Madina, Panyabungan.

Desakan tersebut disampaikan Dodi kepada StArtNews, Kamis (25/3) di Panyabungan.

Menurut anggota DPRD Madina dari Partai Demokrat itu kesemrawutan di pusat ibu kota Madina tersebut telah berlangsung selama puluhan tahun dan terus menjadi sorotan publik.

“Persoalan kesemrawutan ini sebenarnya sudah berlangsung lama, bukan satu, dua atau tiga tahun saja, tapi sudah sejak kabupaten ini dimekarkan dari kabupaten induk Tapanuli Selatan,” ujarnya.

Dodi menyebut pihak-pihak yang dinilai bertanggung jawab atas kondisi itu seharusnya merasa malu terlebih-lebih usia Kabupaten Madina saat ini sudah mencapai 22 tahun.

“Seharusnya OPD terkait merasa malu atas gambaran pusat kota ini. Kita mendesak kepada sejumlah instansi terkait agar bertanggung jawab atas kesemrawutan ini,” tegas Dodi.

Kata Dodi, saat ini terdapat sejumlah permasalahan yang membuat pusat ibu kota itu terlihat kumuh: seperti persoalan kesemrawutan lalu lintas dan pedagang kaki lima yang tak beraturan.

Belum lagi dengan persoalan tumpukan sampah masyarakat yang tidak jarang dijumpai di pinggir ruas jalan kota Panyabungan.

“Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perdagangan dan Satpol PP harus bertanggung jawab dan diminta untuk melakukan penertiban,” katanya.

Untuk persoalan lalu lintas misalnya, para pengguna jalan di sepanjang jalan protokol pusat kota sering disuguhi lalu lalang truk-truk roda enam.

Belum lagi dengan kenderaan beca bermotor (Betor) dan mobil-mobil penumpang yang memarkirkan kendaraannya dengan sembarangan, seakan tidak peduli dengan hak pengguna jalan lain.

“Peran Dinas Perhubungan kita pertanyakan akan hal ini. Selain itu Pemda hendaknya juga memikirkan pembangunan terminal sehingga Mopen bisa tertata rapi,” pinta Dodi.

Reporter: Putra Saima

Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi