Hak Cipta @Redaksi

Dukungan Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara Terus Bergulir

Foto : Ketua Hikma H. Aswin Parinduri dan Wakil Ketua DPRD Madina Ir. Zubeir Lubis

Mandailing Natal, StArtNews – Setelah Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara (Sumteng) kembali di gaungkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatra Utara. Dukungan pembentukan tersebut terus bergulir.

Salah satunya dukungan tersebut datang dari Ketua Himpunan Keluarga Mandailing (Hikma) H. Aswin Parinduri.

Aswin Parinduri kepada StArtNews, Jum’at (28/6/2019) menyampaikan sangat mendukung rencana pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara, yang kembali di wacanakan DPRD Sumut.

Mengingat jarak tempuh kita dari Kabupaten Mandailing Natal ke Ibu kota Provinsi yang sangat memakan waktu mecapai 14 sampai 15 jam, sudah selayaknya sesegara mungkin Provinsi Sumatera Tenggara di bentuk,” kata Aswin.

Aswin juga beralasan, pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara agar pelayanan untuk masyarakat luas yang ada di wilayah Tabagsel ini. Dan percepatan pembangunan dapat di rasakan masyarakat.

Dan melihat kondisi topografi alam di Mandaling Natal dan luasnya wilayah Kabupaten Mandailing Natal hampir seperempat provinsi Sumut, yang cocok untuk menjadi Ibu kota Provinsi Sumatera Tenggara adalah Mandailing Natal,” imbuh Aswin.

Atas dasar tersebut H Aswin Parinduri yang juga ketua DPD Golkar Mandailing Natal berharap kepada Presiden Republik Indonesia Ir. H Joko Widodo agar mempertimbangkan nantinya Kabupaten Mandailing Natal sebagai ibu kota provinsi Sumteng.

Aswin Parinduri juga menyampaikan siap menghibahkan tanah seluas 70 hektar untuk pertapakan Kantor Gubernur Sumatera Tenggara.

Dukungan Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara juga datang dari Wakil Ketua DPRD Madina Ir. Zubeir Lubis.

Zubeir Lubis menyampaikan sebagai salah satu pimpinan di DPRD Madina sangat mendukung pembentukan Provinsi Sumteng yang terdiri dari lima kabupaten/kota.

Dengan dukungan tersebut, Zubeir lubis juga memohon kepada Presiden RI Ir. H. Joko Widodo agar membuat Kabuten Mandailing Natal sebagai Ibu kota Provinsi Sumteng.

Kata Zubeir, melihat kondisi dan luas wilayah Kabupaten Mandailing Natal yang mempunyai sumber daya alam yang banyak dan mempunyai transportasi seperti pelabuhan palimbungan di Kecamatan Batahan dan akan di bangunnya Bandara Udara di kecamatan Bukit Malintang sudah selayaknya Kabupaten Mandailing Natal sebagai ibukota provinsi Sumteng.

Lebih lanjut Zubeir menyampaikan mudah-mudahan pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara cepat terealisasikan.

Reporter : Putra Saima

Editor : Hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...