Enam Rekomendasi DPRD Madina Terhadap LKPJ Bupati 2019, Soal Bagi Hasil PT SMGP hingga Alat Cuci Darah

Enam Rekomendasi DPRD Madina Terhadap LKPJ Bupati 2019, Soal Bagi Hasil PT SMGP hingga Alat Cuci Darah

Mandailing Natal. StArtNews- DPRD Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggelar Rapat Paripurna untuk penyampaian rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2019.

Rapat Paripuna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis dan juga dihadiri Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution di gedung DPRD Madina, Rabu (12/08).

Rapat Paripurna ini dengan agenda catatan dan rekomendasi DPRD Madina terhadap LKPJ tahun TA 2019. Ketua Pansus LKPJ Suhandi menyampaikan, laporan pada pembahasan LKPJ berdasarkan PP 13 tahun 2019, tentang penyelenggaraan pemerintah daerah.

Pembahasan dan pengkajian DPRD terhadap LKPJ keterangan pertanggungjawaban LKPJ Bupati TA 2019 telah dilakukan oleh Pansus secara LKPJ secara saksama dan kujungan lapangan sehingga menghasilkan catatan dan rekomendasi.

Selanjutnya catatan dan rekomendasi DPRD perlu ditetapkan dengan keputusan DPRD Madina dan disampaikan pada pemerintah daerah melalui rapat paripurna.

“Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan beberapa catatan selektif yang berhubungan dengan penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah pada sejumlah urusan atau kegiatan,” ujar Suhandi.

Setelah penyampaian rekomendasi pansus, seluruh fraksi DPRD Madina menyetujui agar rekomendasi LKPJ tahun 2019 segera ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah.

Sementara itu Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kepada anggota DPRD atas masukan, pendapat, referensi untuk kemajuan Madina.

Rekomendasi tersebut akan menjadi dorongan dan acuan untuk melakukan pembenahan atau perbaikan proggram kerja pemerintah Madina ke depan.

Bupati juga berjanji akan menyelesaikan persoalan yang ada tercantum di rekomendasi tersebut selama dua minggu ke depan dan melaporkannya secara tertulis kepada DPRD terhitung dari selesai rapat paripurna tersebut.

“Terima kasih pada DPRD atas rekomendasi ini demi untuk melakukan perbaikan dan saya minta kepada jajaran untuk menyelesaikan rekomendasi ini selama 2 minggu mulai setelah rapat paripurna ini. Dan, melaporkan hasilnya kepada DPRD, bila perlu dengan cara tertulis. kalian siap?” cetus Dahlan disambut sorak kesiapan para OPD yang hadir.

Adapun catatan yang disampaikan mencakup 6 topik sebagai masukan dari Pansus LKPJ, dalam rapat paripurna bersama sejumlah pimpinan OPD pada kegiatan finalisasi laporan Pansus.

Rekomendasi pertama, meminta pada Bupati Madina untuk memberikan sanksi pada pejabat jajaran pemerintah yang tidak bisa bekerja secara optimal. Seperti optimalisasi pendapatan yang saat ini masih menjadi ‘PR’ besar untuk mendekatkan dan memaksimalkan target dengan reaslisasi sehingga setiap kebijakan belanja yang diambil betul-betul terukur dan memosisikan penggunaan APBD itu menjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kedua, meminta penataan pengelolaan keuangan daerah sesuai semangat omnibus law dalam satu Peraturan Daerah (Perda) pokok-pokok dalam satu pengelolaan yang diharapkan bisa diselesaikan segera mungkin.

Ketiga, meminta Inspektorat transpran penyampaian dalam hasil pemeriksaan keuangan dana desa dan menyampaikan dalam dokumen laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun berjalan. Karena menurut hemat Pansus LKPJ tahun 2019 masih jauh dari kesempurnaan dari beberapa yang ditemukan di lapangan.

Keempat, meminta Direktur RSU Panyabunagan agar sudah memungsikan pada TA 2021 alat cuci darah dan melaporkan kepada DPRD secara berkala. Terkait alat cuci darah pada LKPJ tahun 2018 agar bisa digunakan pada LKPJ tahun 2019. Namun, untuk itu Pansus kembali meminta agar alat itu bisa difungsikan di tahun selanjutnya.

Kelima, pemerintah harus serius dan teliti dalam dasar atas perhitungan penerimaan hasil dari PT. SMGP terhadap pemerintah Kabupaten Mandailing Natal.

Keenam, pemerintah daerah merevisi dan membuat peraturan daerah baru untuk mengoptimalkan PAD agar bisa lebih ditinggkatkan lagi.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi