Gaji Honor TKS Mengendap di Rekening Dinas Pendidikan, Kadis Tertutup

Panyabungan.StArtNews– Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal Jamilah SH terkesan tertutup terkait dana gaji honor Tenaga Kerja Sukarela (TKS) yang sudah mengendap selama dua bulan di Rekening Dinas Pendidikan Mandailing Natal, seperti diketahui, jumlah anggaran untuk gaji honor TKS tingkat SD dan SMP itu mencapai Rp2 miliar.

Rincian dana sendiri, 2000 lebih Honor TKS yang gajinya tidak disalurkan pada bulan Desember 2019. Sesuai dengan Perbub (Peraturan Bupati) dari pernyataan salah seorang Staf Keuangan Dinas Pendidikan, Fahmi mengatakan, gaji Tenaga Honor TKS Mandailing Natal bervariasi, Mulai dari Rp800.000, Rp1000.000 sampai Rp1.200.000.

Kepala Dinas Pendidikan, Jamilah, SH, yang berupaya dikonfirmasi selalu tidak berhasil dengan beragam alasan.

Ketua Ikatan Mahasiswa Muslim (IM3) Mandailing Natal Rosyadi Lubis pun ikut menanggapi persoalan gaji honor TKS ini, kepada StArtNews Rabu 20/02, ia mengatakan Dinas Pendidikan sudah mengada-ada.

“Itu, kan, hak para guru honor, kenapa harus ditahan-tahan, apapun alasan dinas (Dinas Pendidikan-red) sudah dibantah baik dari Dinas Keuangan maupun Inspektorat. Jadi, jelas ada dugaan lain penahanan gaji honor ini di rekening Dinas Pendidikan,” kata Rosadi Lubis

Secara hukum papar Rosyadi, ini pantas diduga ada kejanggalan. Sudah dua bulan gaji honor itu mengendap di rekening, tentu ada bunga di dalamnya dan bunga bank itu tentunya hak dari para tenaga honor TKS yang tidak digaji.

IM3 berharap Bupati Mandailing Natal mengambil langkah karena ini masalah dunia pendidikan Mandailing Natal

“Kita dari kalangan mahasiswa sangat mendukung apabila bupati ambil tindakan tegas khusus pada oknum yang main-main terhadap dunia pendidikan Mandailing Natal,” papar Rosadi Lubis.

Rosyadi berujar, selain itu, ini perlu diluruskan biar tidak muncul perspektif negatif dari masyarakat. Kadis harusnya memberi keterangan kepada wartawan, bukan malah justru diam.

Ia menambahkan kalau memang ada masalah dibuka saj agar tenaga honor juga tahu.

Seperti diketahui, gaji honorer TKS yang belum disalurkan oleh Dinas Pendidikan bervariasi. Info yang diperoleh, untuk wilayah Kota Panyabungan sebanyak 1 bulan gaji, beda dengan wilayah Pantai Barat Mandailing Natal yang kabarnya ada yang mencapai 2 bulan belum digaji.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi