Geliat Pembuat Gordang Sambilan di Manambin

Foto: Pembuatan Gordang Sambilan

Kotanopan, StArtnews-Gordang Sambilan merupakan alat musik tradisional asal Kabupaten Mandailing Natal (Kab. Madina). Namun tidak banyak yang tahu bagaimana cara membuat Gordang Sambilan ini.

Ja’far Lubis, warga Desa Manambin, Kec. Kotanopan salah seorang warga yang berprofesi sebagai pembuat Gordang Sambilan.  Gordang hasil buatannya bukan saja diminati warga lokal tapi juga manca negara.  Selama lima tahun terakhir, Ja’far Lubis sudah mengirim Gordang Sambilan buatannya ke negara Malaysia, Jepang, bahkan ke Arab Saudi.

Di sela-sela aktivitasnya membuat Gordang saat ditemui StArtNews di Manambin, Selasa (13/1), Ja’far Lubis mengakui profesi membuat Gordang Sambilan ini sudah ditekuninya sejak tahun 1990. Saat ini dia bersama tujuh anggotanya sedang menyiapkan Gordang Sambilan pesanan dari Desa Padang Sanggar.

Menurutnya, untuk membuat Gordang Sambilan dibutuhkan kayu Ingul atau kayu yang batangnya keras.

Ia mengungkapkan kendala dalam pembuatan Gordang ini adalah sulitnya mendapatkan bahan baku kayu Ingul.

Tak jarang untuk memenuhi pesan dari konsumen, Ja’far Lubis harus mencari kayu ke desa lain.

Ia menambahkan, untuk menyiapkan satu set Gordang Sambilan dibutuhkan waktu satu bulan dengan catatan cuaca bagus.

Harga satu set Gordang Sambilan untuk saat ini dijual Rp40.000.000. Besarnya harga Gordang Sambilan ini disebabkan bahan baku yang sulit diperoleh dan butuh skil yang bagus untuk membuatnya.

Ditambahkan Ja’far, dalam satu tahun dirinya bisa menghasilkan sampai lima puluh set Gordang Sambilan.  Selain membuat Gordang Sambilan, Ja’far juga membuat Gondang Topap dan miniatur Gordang dan Budaya Mandailing.

Reporter: Lokot Husda

Editor: Hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi