Hak Cipta @Redaksi

Harga Karet di Kotanopan Berkisar Rp8.000-8.500

Kotanopan, StArtNews – Harga karet di Kecamatan Kotanopan Kab. Mandailing Natal hari ini, Sabtu (11/1) di seputaran Rp8000-8500. Harga ini sudah berlangsung hampir sebulan terakhir.

Pantauan StArtNews di Pasar penjualan karet di Kotanopan, karet dijual petani kepada pengepul rata-rata rata Rp8.200 per kilogramnya. Untuk karet yang sudah kering harganya bisa mencapai Rp8.400-8500. Namun, walaupun harga karet sudah di kisaran Rp8.000-8.500 belum membuat petani karet bernapas lega. Harga ini dinilai masih terlalu kecil dibanding harga beras per kilogramnya.

Sarah, salah seorang petani karet warga Singengu mengatakan, karetnya terjual dengan harga Rp8.100. Walaupun jumlah karetnya terbilang cukup banyak mencapai 10 ember, tapi hasil penjualannya dinilai belum mencukupi kebutuhan rumah tangga. Ia tetap berharap Pemerintah bisa menaikkan harga karet sampai di atas Rp10.000.

Dikatakannya, harga karet ini belum sebanding dengan harga beras. Harga beras jauh lebih mahal, bisa selisih Rp4000 per kilogramnya dengan harga karet.

Ia berharap, harga karet bisa naik kembali. Selama ini petani karet sudah cukup lama menderita karena turunnya harga karet.

“Semuanya mahal, tidak sebanding dengan harga karet”, ujarnya.

Sedangkan M. Iqbal, salah seorang pengepul karet mengatakan, harga karet saat ini di Kotanopan memang di kisaran Rp8.00-8500. Dibanding minggu lalu, harga ini masih tergolong stabil. Menurutnya, harga ini sudah berlangsung hampir sebulan terakhir.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...