HCTPS Berlangsung Serentak di 3 Kecamatan di Madina

Mandailing Natal.StArtNews– Anak-anak sekolah dasar hari ini, Senin (21/10), turut memeriahkan Peringatan Hari Cuci Tangan pakai sabun sedunia (HCTPS) yang dipusatkan di Sekolah Dasar Negeri 081 Panyabungan. Peringatan HCTPS ini langsung dihadiri Bupati Mandailing Natal, Drs. Dahlan Hasan Nasution, serta Ketua Penggerak PKK, Ny. Ika Djesika Dahlan Hasan Nasution, serta Kepala Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dan Camat Panyabungan.

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakasi Sabun sedunia ini ditandai dengan demo cuci tangan yang dilakukan para pelajar sekolah dasar di tiga Kecamatan dengan cara telekompres.

Ketiga kecamatan itu yakni Kecamatan Panyabungan, Kecanatan Batang Natal, dan Kecamatan Kota Nopan.

Bupati Mandailing Natal, Drs. Dahlan Hasan Nasution, dalam kesempatan itu mengatakan, cuci tangan pakai sabun merupakan langkah kecil untuk memulai hidup lebih sehat. Perilaku sederhana ini bisa melindungi kita dari penyakit seperti diare dan saluran pernafasan. Selain itu, cuci tangan pakai sabun juga bisa mencegah penyebaran penyakit infeksi.

Tujuan dari kampanye ini sendiri kata Dahlan untuk penurunan angka kematian anak akibat penyakit diare yang timbul karena kurangnya akses air bersih, sarana sanitasi, dan sarana cuci tangan.

“Penderita sakit diare dapat dikurangi dengan melakukan cuci tangan dengan sabun. Menurut penelitian dapat mengurangi angka kematian akibat penyakit diare hingga 50 persen,” tegas Bupati Dahlan Hasan Nasution.

Dari data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Mandailing Natal, sarana cuci tangan untuk sekolah dasar di Mandailing Natal masih minim.

“Rata-rata sekolah dasar yang sudah memiliki sarana cuci tangan lengkap dengan sabun hanya sekolah dasar yang berada di wilayah perkotaan saja. Untuk tahun 2020 ini pihak Dinas Pendidikan akan menganjurkan seluruh sekolah dasar untuk menyediakan fasilitas cuci tangan di masing-masing sekolah,” kata Jamilah, S.H, Kepala Dinas Pendidikan Mandailing Natal, pada StArtNews disela-sela acara cuci tangan sedunia itu.

Peringatan Hari Cuci Tangan Pake Sabun Sedunia ini diprakarsai oleh Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan ibu-ibu PKK Kabupaten Mandailing Natal yang didukung oleh Diskominfo Mandailing Natal.

Pelaksanaan telekompres juga berlangsung dari tiga kecamatan; Kecamatan Panyabungan dihadiri Bupati dan Ibu Ketua Penggerak PKK, sementara di Kecamatan Batang Natal dihadiri oleh Sekretaris Daerah ,Gozali Pulungan, dan di Kecamatan Kota Nopan dihadiri oleh asisten I Pemkab Madina, Alamulhak Daulay.

Dalam telekompres tersebut, Bupati dan Ketua Tim Penggerak PKK berkesempatan langsung menyapa peserta Hari Cuci Tangan Sedunia yang berada di Kecamatan Batang Natal dan Kotanopan.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

Foto: Siswa Sekolah Dasar saat berdemontrasi di Depan Bupati dan Ketua Penggerak PKK Madina tata cara cuci tangan yang baik dan benar dengan menggunakan sabun.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi