Hak Cipta @Redaksi

Infrastruktur Jalan ke Desa Muara Potan Memprihatinkan

Jalan ke Muara Potan Kec. Kotanopan kondisinya memprihatinkan.

Kotanopan.StArtNews-Sampai saat ini kondisi infrastruktur jalan ke desa Muara Potan Kecamatan Kotanopan Kab. Mandailing Natal masih sangat memprihatinkan. Berpuluh-puluh tahun warganya hanya menggunakan jalan tanah,  akibatnya warga kesulitan membawa hasil alamnya keluar desa.

Apalagi musim penghujan, badan jalan menjadi becek. Sepanjang jalan ini juga terkenal dengan daerah rawan longsor. Warga sering terisolasi akibat badan jalan sering tertimpa material tanah sampai berpuluh-puluh meter. Buruknya kondisi jalan ini juga menyebabkan warga hanya menggunaan sepeda motor masuk ke desa ini.

Kepala Desa Muara Potan, Alpin yang di jumpai di Kotanopan, Selasa (20/12) mengakui kalau jalan ke desanya kondisinya cukup memprihatinkan. Bahkan, warga desa merasa dianaktirikan karena  pembangunan jalan ke desa ini jarang dilakukan. “Kita merasa di anak tirikan, kondisi jalan ke desa ini sangat buruk, padahal sudah puluhan tahun warga mengharapkan pembangunan jalan ini,” ujarnya.

Dikatakannya, jalan ke desanya dari Simpang Muara Pangkase memang hanya sekitar 2,5 Km. Sekitar tahun 2009 lalu, sepanjang 1 Km meter jalan ini memang pernah dilakukan pengerasan oleh Pemerintah,  namun setelah itu tidak ada lagi. Saat ini, kondisi jalan pengerasan itupun sudah rusak. Jadi sampai saat ini, ada sekitar 1,5 Km lagi yang kondisnya jalan tanah.

Dirinya berharap, agar di tahun 2017 nanti Pemkab Madina bisa membangun jalan ini. Sebab, kondisi jalan ini  sudah cukup parah. Di badan jalan terdapat parit-parit bekas dilalui air. Bahkan di beberapa tempat  terdapat lubang yang tidak ubahnya “kubangan kerbau”. Kondisi ini diperparah seringnya terjadi longsor di wilayah ini.

Buruknya jalan ini menyebabkan biaya transportasi cukup mahal. Kalau naik sepeda motor mencapai Rp. 35 ribu, itu belum termasuk biaya barang yang dibawa. Makanya kita berharap Pemkab Madina segera membangun jalan ke desa ini, harapnya.

Reporter : Lokot Husda Lubis

Editor : Hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...