Ini Target BPN untuk Penyelesaian Sertifikat Tanah di Madina

Mandailing Natal, StArtNews6.005 sertifikat bidang tanah ditargetkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Mandailing Natal tahun 2019 ini.

“Untuk mencapai terget tersebut BPN Madina terus turun ke lapangan, saat ini sudah ada sekitar 2000 bidang tanah yang diukur BPN,” kata Kepala BPN Madina, Abdul Rahim Lubis kepada wartawan, Kamis (28/2/2019) di ruang kerjanya.
Ia menyampaikan 6005 tanah yang akan disertifikatkan tersebut terdiri dari 5.000 sertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau yang biasa disebut Prona.
“Program PTSL ini sudah termasuk didalamnya 850 bidang untuk warga transimigrasi di wilayah Muara Batang Gadis dan 4.150 sertifikat untuk warga masyatakat umum,” katanya.
Sedangkan 1.000 bidang diperuntukkan bagi warga penerima redistribusi tanah di wilayah Natal.
Sementara lima bidang tanah diperuntukkan bagi instansi pemerintah dalam hal ini kantor KUA kecamatan yang ada diwilayah Mandailing Natal.
“Program PTSL dan transimigrasi yang dilaksanakan BPN Madina ini berada di Kecamatan Panyabungan, Kotanopan, Muara Batang Gadis,” ujarnya.
Saat ini BPN juga sedang melakukan pengukuran bidang tanah di kelurahan Sipolu-polu, Desa Panyabungan Tonga, Gunung Barani dan akan menyusul ke desa-desa lainnya.
Bagi warga yang ingin ikut dalam program ini diminta untuk memenuhi persyaratan yakni KTP dan surat-surat tanah jika ada.
Untuk biaya dalam kegiatan ini adalah gratis. Para warga masyarakat cuma dibebankan pengadaan patok batas, materai tiga buah, foto copy berkas dan upah aparat desa saat mendampingi petugas ukur BPN yang besarnya ditentukan atas dasar musyawarah desa dan tidak lebih dari 150 ribu.
“Biaya di BPN untuk kegiatan ini gratis, hanya ada biaya untuk persiapan yang ditanggung oleh warga,” pungkasnya.

Reporter : Putra Saima

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi