Irigasi Banyak Rusak,  Gagal Panen Hantui Petani di  Panyabungan Utara

Irigasi Banyak Rusak, Gagal Panen Hantui Petani di Panyabungan Utara

PANYABUNGAN  (Start FM) – Banyaknya saluran irigasi yang tidak berfungsi di Kecamatan Panyabungan Utara diindikasikan akan dapat berpotensi menyebabkan petani  gagal panen. Padahal potensi lahan pertanian dikecamatan Panyabungan Utara tergolong luas.

260113-tt_03

Para petani di didesa Soposorik dan Beringin Jaya di Kecamatan Panyabungan Utara itu mengeluhkan kekurangan air akibat banyaknya saluran irigasi yang mengairi areal  persawahan mereka mengalami kerusakan.

Satria, Salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Panyabungan Utara  kepada Start FM minggu kemarin mengatakan akibat susahnya air  untuk mengairi areal persawahan mengakibatkan  sawah-sawah susah untuk dikelola, apalagi kalau  saat musim kering seperti sekarang ini tak jarang para petani gontok – goktokan saling berebut air.

Dengan kondisi inilah para petani ungkap Satria, mengharapkan kepada Pemerintah untuk memperbaiki kembali saluran pengairan atau irigasi yang sudah puluhan tahun dibangun oleh pemerintah itu agar  swasembada pangan bisa meningkat serta para  petani bisa mengikuti program – program  yang dianjurkan oleh Pemerintah dalam hal  peningkatan swasembada pangan karena sebelum  sebelum tahun 2000 daerah Panyabungan Utara  merupakan  daerah lumbung padi.

Reporter : Holik Mandailing

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...