Isak Tangis Warnai Tawaf Wada Jemaah Haji Madina

Foto: Jemaah Haji Asal Kab. Mandailing Natal

Mekkah, StArtnews -Isak tangis dan cucuran air mata 386 orang jemaah haji Kabupaten Mandailing Natal yang tergabung dalam kloter 5/MES warnai pelaksaan Tawaf Wada.

Usai menunaikan shalat Subuh secara berjamaah di Masjidil Haram, Senin (26/08/2019) jemaah haji Mandailing Natal bersama dengan jamaah haji lainnya dari seluruh dunia menunaikan kewajiban haji yang terakhir yaitu Tawaf Wada, tawaf perpisahan dengan Baitullah.

Ketua Kloter 5/MES, H. Irfansyah Nasution, S. Ag, MM, mengatakan, jemaah yang melakukan Tawaf Wada melafadzkan kalimat zikir tasbih, tahmid, dan takbir. Tampak jelas jemaah begitu khusyuk dan pipi jemaah dibasahi tetesan air mata. Tawaf Wada berjalan penuh keharuan. Sesekali terdengar jelas di telinga suara sesenggukan dan isak tangis jemaah. Tawaf Wada ini merupakan tawaf terakhir jemaah sebelum meninggalkan kota Makkah ini.

“Usai melakukan tawaf, jemaah melaksanakan salat Sunah Mutlak dan dilanjutkan dengan berdoa. Doa dan pinta terucap dari bibir jemaah, bermohon dan berharap kepada Allah SWT agar menerima seluruh ibadah yang dilakukan dan mengampuni dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan”, ungkapnya.

Sedangkan Ketua Kloter, H. Sobirin Rangkuti, LC, mengatakan ini adalah perpisahan yang paling menyedihkan. Kita tidak tahu apakah masih ada kesempatan dan umur untuk kembali lagi ke tempat suci ini.

“Masing-masing jemaah meninggalkan Baitullah dan Masjidil Haram dengan penuh keharuan. Derai air mata tak henti membasahi pipi jemaah, termasuk saat menuju terminal untuk menaiki bus shalawat yang akan mengantarkan jemaah ke hotel tempat pemondokan di Syiasyah,” ucapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, jemaah haji Kloter 5/MES asal Kab. Mandailing Natal saat ini persiapan pulang ke tanah air. Diperkirakan jemaah akan sampai di Panyabungan, Rabu tanggal 28 Agustus 2019 sekitar pukul 16.30 WIB.

Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), H. Ikhwan Siddiqi, S.Ag, MA, mengatakan pesawat jemaah haji kloter 5/MES asal Kab. Mandailing Natal direncanakan akan mendarat di Bandara Kuala Namu, Deli Serdang, Selasa malam (27/8) sekitar pukul 22.45 WIB. Setelah itu, jemaaah menuju Asrama Haji Medan. Berselang dua atau tiga jam di Asrama Haji, Jemaah langsung diberangkatkan menuju Panyabungan.

Reporter: Lokot Husda

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi