Jalan Kabupaten Muara Siambak-Manambin Kupak Kapik

Jalan Kabupaten Muara Siambak-Manambin Kec. Kotanopan Kab. Mandailing Natal.

Kotanopan.StArtNewsJalan Kabupaten Muara Siambak-Manambin Kecamatan Kotanopan Kab.  Mandailing Natal kondisinya kupak kapik. Kerusakan  ini sudah berlangsung enam tahun terakhir, sampai saat ini  sepertinya belum ada upaya dari pihak terkait untuk perbaikan. Padahal keberadaan jalan ini sangat urgen bagi warga desa.

Pantauan di lapangan,  Rabu (11/2), hampir di semua badan jalan kondisinya sudah terkelupas dan berlobang, sehingga cukup menyulitkan bagi pengguna jalan. Bukan itu saja, di beberapa titik terjadi abrasi, kalau tidak secepatnya diatasi dikhawatirkan akan membuat badan jalan longsor dan  memakan korban jiwa.

Towiluddin, salah seorang tokoh masyarakat desa Manambin yang di jumpai membenarkan hal ini. “Benar,  jalan kabupaten Muara Siambak-Manambin saat ini rusak berat dan abrasi, kondisi ini sudah berlangsung 6 tahun terakhir, sampai saat ini belum ada upaya Pemkab Madina untuk memperbaikinya.

Dikatakannya, selain abrasi jalan ini juga rusak parah. Kondisi jalan sudah berlubang-lubang dan aspalnya banyak yang terkelupas.  Pokoknya sudah pantas di perbaiki, sebab infrastruktur  jalan ini satu-satunya akses warga Manambin yang jumlahnya ribuan jiwa menuju  Pasar Kotanopan.

Terakhir, jalan ini diperbaiki sekitar sepuluh tahun lalu waktu masa Amru Daulay, SH menjabat Bupati Madina, setelah itu tidak pernah lagi. Jadi kita sangat berharap Pemkab Madina mengucurkan dana perbaikan jalan ini ditahun 2017 ini.

Menurutnya, penyebab  rusaknya jalan ini selain termakan usia juga karena tidak adanya perawatan. Hampir di sepanjang jalur ini kondisi paritnya rusak parah, akibat air menggenangi badan jalan, apalagi belakangan ini kawasan ini sering diguyur hujan.  Jadi kalau ada perbaikan nantinya kita berharap parit jalannya juga sekaligus diperbaiki.

“Sambil menunggu perbaikan jalan, warga Manambin  memang tidak tinggal diam. Upaya pemeliharaan juga dilakukan dengan swadaya masyarakat, yaitu gotong royong. Hampir tiga kali dalam setahun warga gotong royong untuk membersihkan parit dan menempel lobang di badan jalan dengan semen. Namun kemampuan warga terbatas, makanya kita berharap Pemkab Madina segera membangun jalan ini menjadi hotmix,” ungkapnya.

Reporter : Lokot Husda Lubis

Editor : Hendra Ray

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...