Jalan Nasional Terancam Abrasi dan Pondasi Titi Gantung di Laru Tergerus Sungai

Tambangan, StArtNews- Jalan Nasional dan pondasi Titi Gantung di Kecamatan Tambangan Kabupaten  Mandailing Natal, tepatnya di depan Rumah Makan Incor, Laru Baringin tergerus sungai Jum’at malam (2/11) lalu. Akibatnya jalan Nasional terancam hanyut dan abrasi. Begitu juga dengan pondasi Titi Gantung Napal Bagirik menuju Saba  Bariba Laru terancam hanyut.

Bukan itu saja, derasnya arus sungai Batang Gadis juga menghanyutkan bagian dapur warung milik Ahmad Fahmi Faisal yang ada di Daerah Aliran Sungai. Begitu juga dengan talang air yang ada di bagian atas pinggir sungai juga hanyut. Akibatnya, air untuk mengairi sawah yang ada di sekitar kawasan ini tidak mengalir lagi.

Ahmad Fahmi, salah seorang warga Laru yang dijumpai di lokasi mengatakan, tergerusnya jalan Nasional dan pondasi Titi Gantung ini terjadi, Jum’at malam kemarin saat arus sungai Batang Gadis Meluap. “Bagian dapur warung dan dek penahan di pinggir sungai ini hanyut sehingga menyebabkan pondasi Titi Gantung ini  terancam”.

“Kalau tidak cepat dibuat dek penahan atau bronjong, jalan Nasional ini akan abrasi, begitu juga pondasi Titi Gantung ini akan hanyut. Kalau sempat hanyut, maka warga akan kesulitan menuju ke tempat usahanya di kawasan Aek Pangko seberang Batang Gadis. Begitu juga talang  air ini harus diperbaiki secepatnya karena menjadi sumber air bagi sawah yang ada di kawasan ini.

Kepala Desa Laru Baringin, Salman Hasibuan yang dihubungi Minggu (4/11) mengatakan,  “pengusulan pembangunan dek penahan atau bronjong di lokasi ini memang sudah kita usulkan, bahkan sudah masuk ke agenda Musrenbang”.

Begitu juga dengan kejadian semalam pihaknya sudah  melaporkan ke Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal. Baik pondasi Titi Gantung ataupun Talang air, kita harapkan secepatnya diperbaiki Pemerintah. Begitu juga dengan tergerusnya Jalan Nasional ini agar dibuat dek penahan.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Odi Eserge

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi