Hak Cipta @Redaksi

Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merah Merangkak Naik

Mandailing Natal, StArtNews – Harga komoditas cabai di berbagai pasar tradisional Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Jelang Idul Adha terus merangkak naik.

Di pusat perbelanjaan Pasar Baru Kecamatan Panyabungan, harga cabai saat ini mencapai Rp 70.000/kilogramnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Madina, Jhon Amriadi mengatakan, kenaikan harga cabai di pasaran di picu dari kurangnya pasokan cabai bagi kalangan petani Madina sehingga stok komoditi tidak stabil.

“Salah satu penyebabnya karena kurangnya tanaman budi daya cabai di daerah kita sehingga menyebabkan jumlah barang sedikit dan akibatnya harga menjadi naik,” kata Jhon, Kadis Disperindag Madina, saat dihubungi Kamis malam (11/07/19).

Jhon Amriadi juga menyebutkan, tak hanya di Madina saja harga cabai naik, diluar daerah juga mengalami hal serupa.

“Kemudian dari luar daerah juga demikian seperti di Simalungun dan Sumatera Barat sebagai produksi barang paling banyak dan juga salah satu pemasok barang ke daerah kita juga mengalami hal yang sama, selain itu juga salah satu penyebab rendahnya produksi di kalangan petani akibat wabah penyakit pada tanaman tersebut,” ujaranya.

Diantaranya seperti cabai merah keriting dijual dengan harga Rp 70.000/kg, cabai rawit Rp 65.000/kg, dan cabai hijau sekitar Rp 40.000/kg.

Mahalnya harga Cabai juga berpengaruh pada penjualan, Ainun salah seorang pedagang mengaku penjualannya berkurang sejak harga cabai tidak pernah stabil, pembeli juga mengurangi pembeliannya.

“Biasanya kebutuhan per harinya 1 kilogram namun, dikarenakan kenaikan harga yang tak kunjung turun akhir belanja berkurang menjadi 1/2 kilogram,” kata Ainun.

Selain harga cabai, kebutuhan pokok lainnya juga mengalami kenaikan harga, dari pantauan StArtNews, Bawang merah saat ini dihargai Rp 40.000 /kg, Bawang putih Rp 40.000/kg. Selain itu Minyak Jelantah Rp 1.000/kg, Ikan tongkol Rp 25.000/kg, Ayam potong Rp 33.000/kg dan Telur ayam Rp 42.000/kg.

 

Reporter : Hasmar lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...