Jembatan Rusak, Warga 4 Desa Terpaksa Seberangi Sungai Pakai Perahu Rakitan

Panyabungan Utara, StArtNews-Jembatan gantung yang berada di bibir Sungai Batang Gadis, Desa Kampung Baru, Kecamatan Panyabungan Utara sebagi penghubung empat desa mengalami kerusakan parah.

Adapun empat desa yang terhubung jembatan itu yakni, Kampung Baru, Simanondong, Baringin Jaya dan Desa Sopo Sorik.

Akibat jembatan rusak, sebagian warga empat desa terpaksa menyeberangi sungai sepanjang lima puluh meter-dengan kedalaman 2 meter lebih-menggunakan perahu rakitan atau getek setiap harinya.

Perahu rakitan tersebut merupakan alat teranspotasi utama warga menyeberangi suangai untuk mengangkut komiditas pertanian. Tidak hanya itu, rakit juga terpaksa menjadi andalan bagi warga yang ingin berbelanja ke pasar atau urusan ke Kota Panyabungan.

Meski sebenarnya ada jalan alternatif, warga tetap memilih menggunakan rakit karena apabila melewati jalan alternatif itu akan memakan waktu yang jauh lebih lama. Jalan alternatif ini hanya dilewati kalau sungai Batang Gadis meluap.

Dari pantauan di lokasi, jembatan gantung tersebut sudah ditumbuhi rumput dan ilalang serta kondisi besi lantai pada jembatan sudah keropos.

Singgor Pangaribuan, salah seorang warga mengatakan, kerusakan jembatan itu sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu.

Ia berharap, jembatan yang menjadi akses utama pengubung empat desa itu segera diperhatikan dan diperbaiki oleh pemerintah sehingga memudahkan warga mengakut hasil komoditi yang akan mempercepat perputaran ekonomi di kawasan itu.

Reporter: Hasmar Lubis
Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi