Hak Cipta @Redaksi

Kanwil Kemenkumham Sumut Tinjau Rencana Kantor Sementara ULP di Madina

Foto: Kanwil Kemenkumham Sumut Tinjau Rencana Kantor Sementara ULP di Madina

Mandailing Natal, StartNews-Kanwil Kemenkumham Sumatra Utara meninjau rencana kantor sementara Unit Layanan Paspor (ULP) di Kabupaten Mandailing Natal, Kamis (7/11).

Rencana kantor Imgrasi sementara untuk ULP dibuat di Kantor UPT Pertanian Panyabungan Utara. Kanwil Kemenkumham yang hadir Divisi Imigrasi; Zahrain, Novi, Hasan Basri, dan Asrul.

Setelah melakukan peninjauan, Kanwil Kemenkumham dipimpin Divisi Imigrasi serta Kantor Imigrasi Sibolga melakukan rapat koordinasi dengan Pemkab Madina yang dipimpin Sekretaris Daerah; Gozali Pulungan, didampingi Asisten I; Alamulhaq dan Asisten III; Sahnan Batubara di Ruang Kerja Sekda, Komplek Perkantoran Paya Loting, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan.

Dalam Rapat tersebut disimpulkan untuk mengkaji besaran anggaran yang diperlukan dalam program penyediaan kantor ULP yang menyediakan pengurusan paspor.

“Kesimpulan rapat tadi, pihak imigrasi menghitung rincian anggaran yang diperlukan, baik untuk ULP maupun untuk sistem mobile. Kalau memungkinkan, kita membuat secara paralel, ULP jalan tahun 2020, dan sistem mobile dimulai Desember 2019,” kata Sekda Gozali Pulungan.

Di tempat terpisah, Bupati Madina; Drs. Dahlan Hasan Nasution, kepada wartawan menjelaskan kantor pelayanan imigrasi ini sangat dibutuhkan masyarakat yang ingin bepergian ke luar negeri, khususnya bagi calon jamaah haji yang jumlahnya mencapa 1,5 kloter (sekitar 500 orang-red) setiap tahun.

Dahlan menerangkan, selama ini masyarakat Madina terkendala pengurusan paspor yang harus menghabiskan waktu tempuh belasan jam ke kota Sibolga.

“Kantor ULP ini sangat dibutuhkan masyarakat kita, karena selama ini mengurus paspor harus ke Sibolga. Bisa dibayangkan perjalanan mengurus paspor saja menghabiskan belasan jam dari Madina. Bila program ini berjalan, masyarakat kita yang akan bepergian ke luar negeri, apalagi calon jamaah haji kita akan tertolong,” jelas Dahlan.

Bupati mengungkapkan sudah meminta kepada Kanwil Divisi Imigrasi Sumut agar program ini bisa berjalan secepatnya. Bahkan jika bisa bulan Desember ini harus terlaksana. Dengan demikian tahun 2020 masyarakat sudah bisa dilayani. apalagi pembangunan Bandara Bukit Malintang juga tidak lama lagi akan dimulai ,” ungkapnya.

Untuk sementara, kantor ULP ini akan dibuka di bekas kantor UPT Dinas Pertanian di Desa Mompang Kecamatan Panyabungan Utara. Untuk kantor permanen direncanakan akan dibuka di terminal Bandara Bukit Malintang.

Reporter: Saima Putra

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...