Kemenag Adakan Bimbing Pranikah 140 Catin di Mandailing Julu

Foto: Catin dalam Bimbingan Pranikah

Kotanopan, StArtnews-Kantor Kementerian Agama Kab.  Mandailing Natal melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam melaksanakan Bimbingan Pranikah untuk 140 Calon Pengantin (Catin) dari daerah Mandailing Julu.

Bimbingan ini dipusatkan di Aula Kantor Camat Kotanopan selama dua hari, mulai tanggal 30-31 Agustus 2019 dan dibuka langsung Camat Kotanopan, Kholilulllah, S.  Sos. Sedangkan peserta berasal dari 7 Kecamatan di Mandailing Julu, mulai dari Kecamatan Kotanopan, Ulu Pungkut, Muara Sipongi, Pakantan, Tambangan, Puncak Sorik Marapi, dan Lembah Sorik Marapi.

Sutan Hasibuan, SH, M.  Ag, salah seorang nara sumber atau fasilitator mengatakan, tujuan kegiatan bimbingan pranikah ini agar Catin mengetahui dan memahami hakikat dari perkawinan itu sendiri.  Kemudian, untuk mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah dan bisa mencarikan solusi terhadap permasalahan yang timbul dalam keluarga sehingga bisa meminimalkan angka perceraian.

Dikatakan Sutan Hasibuan, setiap orang atau calon pengantin yang akan menikah diwajibkan mengikuti bimbingan pranikah, baik bimbingan tatap muka maupun mandiri.  Hal ini sesuai dengan amanah Perdirjen Bimas Islam No.  373 tahun 2017 dan Perdirjen Bimas Islam No.  379 tahun 2018.

Terkait dengan jumlah peserta, ada 140 orang dari 7 Kecamatan di Mandailing Julu dan kemungkinan bisa bertambah dari Kecamatan Panyabungan Selatan.  Sedangkan pelaksanaan kegiatan ini selama dua hari. Peserta ini akan diberikan bimbingan dan simulasi tentang perkawinan dari 3 fasilitator, yaitu H.  Sutan Hasibuan, SH, M.  Ag, Pahrurrazi Parinduri, SH, MH dan Subhansyah Arifin, S. Ag, MH.

Ditambahkannya, dari kegiatan ini pihaknya berharap agar peserta bisa memahami makna perkawinan. Bisa mengatasi masalah yang timbul dalam keluarga, sehingga meminimalkan angka perceraian yang pada akhirnya bisa mewujudkan keluarga idaman sesuai harapan Pemerintah dan menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah.

 

Reporter: Lokot Husda

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi