Kemeriahan 17-an di Pakantan, Sembilan Murid SD Negeri Silogun pun Ikut Pawai – Radio START FM Panyabungan

Kemeriahan 17-an di Pakantan, Sembilan Murid SD Negeri Silogun pun Ikut Pawai

Pakantan, StartNews – Berada di kecamatan yang jauh dari pusat Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tak menyurutkan semangat masyarakat Kecamatan Pakantan untuk merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Infrastruktur jalan yang terbatas antar-desa tak mampu ‘membunuh’ antusiasme warga Pakantan untuk mengikuti beragam acara memeriahkan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia ini. Pesta rakyat memang harus dinikmati rakyat.

Buktinya, SD Negeri Desa Silogun yang hanya punya sembilan murid juga ikut berparitisipasi. Didampingi gurunya, sembilan murid SD yang berada di desa terisolasi ini datang ke pusat Pemerintahan Kecamatan Pakantan sehari sebelum pelaksanaan upacara pengibaran bendera 17 Agustus 2022.

Agar tidak terlambat mengikuti upacara pengibaran bendera dan devile, guru dan murid-murid SD Negeri Desa Silogun terpaksa menginap di Kantor Camat Pakantan. Wajah-wajah mereka tampak ceria walaupun sebenarnya kelelahan. Kehadiran guru dan murid-murid SD Negeri Desa Silogun ini difasilitasi Camat Pakantan Nurhamidah Lubis. Mereka senang karena bisa mengikuti upacara bendera dan kegiatan baris-berbaris. Apalagi mereka dibekali seragam putih-merah lengkap dengan sepatu hitam.

Tepak pukul 08.00 WIB, 17 Agustus 2022, upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pun digelar di lapangan SMP Negeri 1 Pakantan yang berada di Desa Huta Gambir. Camat Pakantan Nurhamidah Lubis pun naik podium menjadi inspektur upacara.

Selain seluruh pelajar yang ada di kecamatan ini, upacara bendera ini juga diikuti unsur Forkopimcam Pakantan, para kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan seluruh pegawai pemerintahan yang ada di Pakantan. Upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini pun berlangsung khidmat dan lancar.

Lazimnya pesta rakyat, beragam kegiatan seperti karnaval dan hiburan pun memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan ini. Mulai dari pawai, karnaval, hingga penampilan dramband pun menghibur masyarakat Pakantan.

Bahkan, Camat Pakantan Nurhamidah Lubis pun ikut tarian massal multietnik dengan siswa-siswi dan guru-guru SMP Negeri 1 Pakantan. Malam sebelumnya, Pemerintah Kecamatan Pakantan juga menggelar pawai obor yang melibatkan para pelajar dan naposo-nauli bulung Pakantan.

Beragam lomba juga dihelat. Mulai dari lomba makan kerupuk, lomba lari goni, lomba gordang sambilan antar-desa, lomba memasak kader PKK desa, hingga lomba khas 17-an lainnya.

Camat Pakantan Nurhamidah Lubis mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi warganya dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI tahun ini. Dia tak menyangka masyarakat Pakan sangat antusias merayakan HUT Kemerdekaan RI.

“Apresiasi dan terima kasih yang sebanyak-banyaknya untuk seluruh masyarakat Pakantan, termasuk para panitia acara HUT Kemerdekaan RI. Semoga tahun depan kita bisa mengadakan acara yang lebih meriah lagi. Untuk itu, marilah terus menjaga kekompakan dan keharmonisan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” tuturnya.

Reporter: Saparuddin Siregar

Komentar Anda

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Request Lagu
Loading...