Kepala Desa Potong Dana BST dan BLT, Warga Huta Godang Muda Lapor ke DPRD Madina

Panyabungan, StArtNews-Sejumlah warga Desa Huta Godang Muda, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melaporkan kepala desa meraka ke kantor DPRD Madina pada Rabu (03/06).

Warga datang ke kantor DPRD karena merasa tertipu dengan pembagian BLT dan BST yang digelontorkan pemerintah pusat akibat dampak Covid -19.

Harusnya dana BLT dan BST yang diterima warga yang terdaftar sebesar Rp 600.000. Namun, mereka hanya menerima sebesar Rp150.000.

Selain itu, warga juga merasa tertipu karena dana BLT dan BST yang diterima ditarik kembali oleh kepala desa setelah sesi foto dokumentasi selesai.

“Dana bantuan BLT dan BST itu kan harusnya tidak disamakan karena pencairan uangnya sudah berbeda. Kalau BST pencairannya di kantor Pos. Ini tidak, kami hanya Rp150 ribu di dua bantuan tersebut. Kami juga merasa ditipu setalah berfotodengan uang 600 ribu, aparat desa itu menarik kembali uang kami, katanya besok dibagikan (setelah berfoto dokumentasi). Ternyata baru tiga hari kemudian diberikan, itu pun setelah kami datangi rumah kepala desa,” ujar Saleha pada awak media.

Saleha juga menjelaskan Kepala Desa tidak transparan karena dana bantuan BST yang seharusnya dicairkan melalui kantor Pos, bukan diterima di rumah masing-masing penerima.

“Pernah juga berfoto dengan uang Rp600 ribu. Dari pengakuan tukang foto itu dia dari petugas kantor Pos dan uangnya pun tidak langsung diberikan ke warga yang mendapat. Namun, kami dapat uang setalah kami datangi rumah kepala dan hanya Rp 150 ribu. Katanya itu semuanya dana BLT dan BST, ” ujarnya.

Warga yang mendatangi kantor DPRD Madina diterima oleh Wakil Ketua DPRD Madina, Erwin Nasution dan sejumlah anggota DPRD Madina dari Fraksi Golkar.

Di ruangan itu warga turut disambut oleh anggota DPRD Zubaidah Nasution, Sobir Lubis, dan Arsidin Batubara.

Sebelum warga mendatangi kantor DPRD Madina, mereka terlebih dahulu melaporkan Kepala Desa meraka ke Polres Madina terkait penyaluran dana BLT dan BST ini.

Wakil Ketua DPRD Madina, Erwin Nasution mengatakan pengaduan warga Desa Huta Godang Muda menganai pembagian dana BLT dan BST ini akan secepatnya ditinjaklanjuti dan segera memanggil kepala desanya.

“Secara by phone kami dan Sekwan dengan resmi menerima pengaduan warga Desa Huta Godang Muda terkait pembagian dana BLT dan BST di desa mereka. Tadi pun sudah berkoordinasi denga Sekda dan akan kita tindaklanjuti ke komisi terkait dengan memanggil OPD, Camat dan bila memungkinkan akan dipanggil juga kepala desanya agar dapat jawaban dari dua belah pihak,” kata Erwin.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi