Kolang Kaling Madina Merambah ke Jakarta

Kotanopan, StArtNews- Saat puasa Ramadhan, kebutuhan terhadap kolang kaling meningkat drastis. Ternyata, kolang kaling asal Mandailing Natal bukan saja di pasarkan untuk kebutuhan lokal saja, tapi juga tembus di pasaran Jakarta.

Seperti pengakuan salah seorang toke atau pengumpul kolang kaling di Kotanopan, Jaya Lubis.  Sudah tiga tahun terakhir, setiap jelang Ramadhan, dirinya mengirim kolang kaling untuk dipasarkan di daerah Jakarta dan sekitarnya. Pengiriman biasanya dilakukan setiap minggu  sebanyak 8-9 ton.

Dikatakannya, kolang kaling ini dibelinya dari kawasan Tambangan, Kotanopan, Puncak Sorik Marapi dan Muara Sipongi dengan harga Rp.6.000/Kg. Setelah terkumpul, kolang kaling ini terlebih dahulu digepengkan. Proses penggepengan 8-9 ton ini biasanya memakan waktu tiga hari dengan melibatkan 15-20  pekerja.

Ditambahkannya, ada alasan kenapa kolang kaling ini harus digepengkan. Para peminat kolang kaling di Jakarta lebih suka dengan kolang kaling yang sudah digepengkan. Selain itu, harganya pun lebih tinggi dari pada kolang kaling yang bulat atau belum digepengkan.

“Terkait dengan jumlah pengiriman, sebenarnya itu tergantung kepada situasi pasar di Jakarta.  Kalau kolang kaling banyak yang masuk ke Pasar Jakarta, otomatis kita hanya melakukan pengiriman sekali dua minggu. Masalahnya sekarang, terkadang kita tidak tahu kondisi pasaran kolang kaling di Jakarta. Terkadang kita sudah kirim baru ada informasi bahwa kolang kaling “banjir” di Jakarta. Kalau hal ini terjadi biasanya kita akan mengalami kerugiaan”, ujarnya. Sip

ReporterLokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi