KPU Madina Laksanakan Bimtek PPS

Foto: KPU Madina Gelar Bimtek PPS di Madina.

Kotanopan, StArtnews-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal melaksakan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) terhadap Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Mandailing Natal. Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari, Senin-Selasa (29-30/6) bertempat di Kecamatan masing-masing di wilayah Madina.

Bimbingan Tekhnis ini dilaksankan untuk menjelaskan fungsi dan tugas pokok PPS dalam penyelenggaraan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.  Selain itu, agar PPS mengetahui ruang lingkup dan kode etik terkait menjaga integritas pelaksanaan Pemilu tahun 2020 ini.

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Madina, Mhd. Yasin Nasution kepada StArtnews mengatakan, Bimtek untuk PPS se-Madina ini merupakan Bimtek awal. Seyogianya bimtek ini dilaksankan akhir Maret 2020. Namun karena ada wabah virus Corona maka tahapan pilkada ditunda.

Dikatakannya, tujuan bimtek ini untuk menjelaskan tugas pokok dan fungsi PPS dalam penyelenggaraan Pemilu. Begitu juga dengan ruang lingkup, kode etik terkait menjaga integritas pelaksanaan Pemilu. Jadi, dengan bimtek diharapkan bisa menghasilkan PPS yang berkualitas dan berintegritas.

Menurutnya, bimtek ini dilaksanakan dalam dua hari dengan lima zona. Bimtek yang dilakukan ini hanya bersipat umum, belum semuanya dilaksanakan. Paling dekat nanti agenda KPU adalah pendataan pemilih.  Jadi setiap tahapan itu ada bimtek dengan tujuan kesaksesan pelaksanaan pemilu.

Sedangkan Ketua PPK Kotanopan, Zulfahmi di sela-sela bimtek PPS mengatakan, untuk Kecamatan Kotanopan jumlah anggota PPS yang mengikuti bimtek sebanyak 183 orang. Bimtek dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol Covid-19. Peserta dibagi menjadi dua sesi.

Selama pelaksanaan bimtek, acara berlangsung baik dan lancar.

Hadir dalam Bimtek ini; Camat Kotanopan, Kholillullah,S.Sos; Ketua PPK Kotanopan; anggota PPK Kotanopan, Zulfahmi, Zulhamriadi Lubis, Ahmad Syurdi, Ahmad Syawal Tamimi dan Sulpiadi. Sedangkan dari Panwascam Kotanopan hadir Mhd. Asnawi Nasution dan Zulfadli.

Reporter: Lokot Husda

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi