Lapas Panyabungan Over Kapasitas

Mandailing Natal.StArtNews- Dihuni 512 tahanan dan narapidana, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Panyabungan mengalami over kapasitas yang mencapai 266,7 persen dari daya tampung yang ada, seharusnya hanya 192 orang.

“Ya, benar. Lapas sudah over kapasitas karena daya tampung sudah melebihi. Oper kapasitasnya malah mencapai 266,7 persen” papar Belman Hasibuan, Penelaah Status WBP Lapas Panyabungan, pada wartawan Sabtu (07/09)

Dikatakannya, over kapasitas di lapas klas IIB Panyabungan sudah sering terjadi. Untuk menyiasati over kapasitas ini kadang Lapas Panyabungan memindahkan sebagian warga binaan ke UPT yang ada di Sumut, seperti ke Rutan Kotanopan, Natal atau Medan.

Belman Hasibuan mengaku selain lapas yang over kapasitas, untuk melakukan pengamanan pun Lapas Panyabungan terkendala di jumlah petugas.

“Hanya 53 orang saja petugas kami. Kondisi ini tidak sebanding dengan jumlah warga binaan sebanyak 512 orang,” paparnya.

Untuk mengantisipasi keributan di Lapas Panyabungan, Belman menjelaskan, lapas melakukan pembinaan terhadap warga binaan dan juga melakukan pemeriksaan terhadap warga binaan yang melakukan keributan.

Jika keributan yang dilakukan warga binaan tersebut berat, maka Lapas Panyabungan akan melakukan register F kepada warga binaan tersebut.

Reporter : Saima Putra

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi