Luas Tanam Komoditi Padi Di Madina Meningkat Menjadi 40.490 Ha

indexSTART NEWS – Luas tanam komoditi padi di Kabupaten Mandailing Natal di tahun 2015 meningkat menjadi 40.490 Ha. Sedangkan di tahun 2014 jumlah luas tanam hanya berkisar 38.851. Jadi kenaikannya mencapai 1.639 Ha. Hal ini tentunya berdampak kepada naiknya luas panen.

Hal itu dikatakan Kadis Pertanian Kab. Mandailing Natal, Taufik Zulhendra,  kepada Wartawan  terkait menyikapi laporan tentang grafik kenaikan luas tanam dan luas panen di akhir tahun 2015 ini.

Dikatakannya, sedangkan luas tanam tahun 2015 ini bertambah  menjadi 38.532 di banding tahun sebelumnya yang hanya berkisar 38.361. Jadi kenaikannya mencapai 171 Ha luas panen. Kenaikan luas tanam dan luas panen ini berada di daerah Mandailing Julu dan daerah Siabu

“Kita patut bersyukur atas kenaikan ini, penyebabnya tidak lain para petani semain termotivasi membuka luas tanam dikarenakan pihak Pemerintah di tahun 2015 ini telah menyalurkan pupuk sebanyak 1200 ton secara grastis kepada warga Madina. Kemudian, adanya upaya perbaikan infrastruktur irigasi desa di daerah Mandailing Julu dan Siabu dan daerah lainnya,”  Jelas Taufik.

Ditambahkannya, keberhasilan ini berkat program yang dilaksanakan Pemerintah yang diberi nama Upsus ( Upaya Khusus) antara Dinas Pertanian bekerja sama dengan TNI, utamanya dengan Dandim 021 TS. Ucapan terimakasih kita sampaikan kepada pihak TNI yang telah membantu Dinas Pertanian dalam melaksanakan dan menjalankan program ini.

Kita akui sampai saat ini masih ada beberapa infrastruktur irigasi yang belum diperbaiki. Untuk menyahuti ini, kita akan berupaya memperbaikinya dengan mengalokasikan anggaran dari APBD Kabupaten dan Provinsi, begitu juga dengan APBN.

“Kedepan, kita akan tetap berupaya meningkatkan luas tanam dan luas panen di Madina agar meningkat. Untuk itu, perlu dukungan semua pihak agar program ini berjalan dengan baik,” ucap Taufik.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi