Madina Siap Menjadi Tuan Rumah Tingkat Nasional untuk Tiga Cabor

Foto: Bupati Meninjau Lahan Pematangan Lahan untuk Even Nasiolan

Panyabungan, StArtNews-Kabupaten Mandailing Natal (Madina) siap menjadi tuan rumah pada pertandingan tiga cabang olahraga (Cabor) tingkat Nasional yang rencananya di laksanakan tahun 2020. Ketiga cabor tersebut panjat tebing, arung jeram, dan paralayang.

Hal itu diketahui setelah Bupati Madina, Drs. Dahlan Hasan Nasution bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Madina, Rahmad Hidayat melakukan pertemuan dengan pejabat Kementerian Pemuda dan Olahraga RI pada Kamis (16/1) kemarin.

Bupati kepada wartawan, Jumat siang (17/1) di Taman Raja Batu komplek perkantoran Pemkab Madina mengatakan, baru saja menemui pejabat di Kementerian Pemuda Olahraga RI membicarakan berbagai hal terkait sarana olahraga termasuk rencana lanjutan pembangunan stadion olahraga Madina.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati bersama pejabat Kementerian juga membahas terkait pelaksanaan event olahraga tingkat nasional yang direncakan diselenggarakan di Kabupaten Madina.

“Kemarin saya bersama pak Kadispora berada di Kementerian, di sana ada banyak hal yang kita bahas. Seperti kelanjutan pembangunan Stadion Madina dan pembangunan sarana olahraga lainnya. Juga membahas terkait pelaksanaan event olahraga nasional cabang panjat tebing, paralayang, dan arung jeram. Untuk tiga jenis cabang olahraga tersebut, Madina direncanakan jadi tuan rumah, tapi kita saat ini menunggu informasi selanjutnya dari pihak Kementerian,” kata Dahlan.

Dahlan Hasan memastikan, Madina siap menjadi tuan rumah apabila dipercaya oleh Kemenpora RI bersama panitia Nasional. Fasilitas untuk tiga cabang olahraga itu bisa disiapkan dalam waktu dekat ini.

“Untuk cabang olahraga panjat tebing, sudah ada tersedia di komplek Taman Raja Batu. Kemudian untuk paralayang kita siapkan areal mulai dari Bukit Muhasabah hingga ke Taman Raja Batu. Untuk cabang arung jeram ini kita juga sangat siap, banyak sungai dan anak sungai yang layak untuk tempat olahraga arung jeram,” jelasnya.

Kemudian, Pemkab Madina saat ini menyediakan lahan seluas 6 hektare sebagai pusat pelaksanaan agenda Nasional tersebut. Lahan itu dipastikan cukup sebagai sentral pelaksanaan agenda pertandingan.

Menurut Dahlan, apabila Kabupaten Madina terpilih sebagai tuan rumah agenda olahraga Nasional akan banyak dampak positif dan keuntungan yang diperoleh.

“Kalau sudah tingkat Nasional, jumlah atlet yang akan bertanding akan mencapai ribuan orang. Tentu perputaran uang akan sangat besar selama penyelenggaraan. Masyarakat kita bisa memanfaatkan buka usaha, termasuk pedagang UMKM dan pedagang kuliner,” terang Dahlan.

Dahlan berharap, Madina terpilih sebagai tuan rumah untuk ketiga cabang olahraga tersebut. Dan kita siap untuk itu,” tutur.

Bupati Madina bersama sejumlah pimpinan OPD sedang mengerjakan pematangan lahan yang direncanakan sebagai pusat kegiatan agenda Nasional tersebut di Taman Raja Batu, Komplek Perkantoran Bupati

Sementara Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Madina, Miswaruddin Daulay yang dihubungi wartawan menyebut, KONI menyambut baik rencana pelaksanaan agenda olahraga Nasional diselenggarakan di Kabupaten Madina. Ia pun menyampaikan apresiasi kepada Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution yang telah berupaya untuk mewujudkan agenda itu.

“Kami merasa bangga dan apresiasi kepada pak Bupati yang telah berupaya agar Madina ini bisa ikut sebagai tuan rumah pada agenda olahraga Nasional itu. Apalagi di Madina sudah ada pengcab untuk tiga cabang olahraga tersebut,” Kata Miswar.

“Kita juga sudah punya atlet di tiga cabang olahraga itu, tinggal bagaimana kita meningkatkan pembinaan dan penyempurnaan fasilitas agar mereka bisa tampil lebih baik. Kami yakin kita siap sebagai tuan rumah apabila dipercaya oleh kementerian dan panitia Nasional,” pungkas Miswaruddin.

 

Reporter: Saima Putra

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi