Marfendi Optimistis Kekebalan Kelompok Tercapai di Bukittinggi

Bukittinggi, StartNews – Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi memantau pelaksanaan vaksinasi serentak terhadap ratusan santri dan warga di halaman Mesjid Jami’ Tigo Baleh, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Selasa (7/9/2021).

Kegiatan vaksinasi serentak tersbut berlangsung  pada 6-7 September 2021. Kegiatan pada hari ke dua ini juga diikuti Presiden Joko Widodo secara virtual dari Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Kegiatan itu merupakan bagian dari program Vaksinasi Merdeka untuk membangun kekebalan kelompok (herd immunity) di seluruh nusantara.

Wakil Wali Kota Bukittingi Marfendi mengaku bersyukur, karena Kota Bukittinggi mendapatkan fasilitasi vaksinasi dari Polri melalui Polres Kota Bukittinggi. “Alhamdulillah, Bukittinggi mendapatkan fasilitas dari kepolisian untuk mengadakan vaksinasi serentak. Target (vaksinasi) hari ini adalah 2.000 orang. Jika tercapai target, maka vaksinasi untuk siswa akan tercapai 100 persen,” ujarnya.

Sejauh ini,  dia mengungkapkan, angka vaksinasi untuk tenaga kesehatan telah mencapai 114 persen. Untuk petugas pelayanan publik telah mencapai 121 persen. Namun, untuk masyarakat umum masih 22 persen dan lansia 11 persen.

Dia berharap, melalui peran aktif masyarakat Bukittinggi melakukan vaksinasi, target 75 persen untuk membangun kekebalan kelompok di Kota Bukittinggi dapat tercapai. Sehingga, warga Kota Bukittinggi dapat beraktivitas kembali seperti biasa.

Marfendi menjelaskan, dalam kurun waktu dua pekan terakhir, kurva kasus positif Covid-19 terkonfirmasi di Bukittinggi mulai melandai. Bahkan, kemarin hanya tercatat satu kasus positif.

“Sejak tanggal 25 Agustus 2021 sampai sekarang, Alhamdulillah tidak ada yang meninggal karena Covid. Kita berharap tidak ada lagi korban jiwa meninggal. Salah satu pencegahannya dengan mengikuti vaksinasi di berbagai fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah,” ujarnya.

Sementara Kapolres Kota Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara mengatakan, sasaran vaksinasi pada kegiatan ini adalah masyarakat umum dan para santri. Tujuannya, membentuk kekebalan kelompok di Kota Bukittinggi.

Dody Prawiranegara juga mengapresiasi  warga Bukittinggi, terutama anak-anak usia 12—17 tahun dan orangtua mereka yang telah memberikan izin melakukan vaksinasi. Dari target 12.518 orang yang harus divaksinasi, sampai Selasa (7/9/2021), telah tercapai 6.007 orang.

“Kalau target 2.000 vaksinasi tercapai, maka sudah tervaksinasi sekitar 8.000-an. Artinya, sudah mendekati 75 persen,” ujar Dody.

“Kami akan kejar sampai 100 persen. Sehingga, anak-anak bisa normal sekolah tatap muka, tapi tetap dengan protokol kesehatan dan aturan yang harus dipenuhi,” sambungnya.

Dody Prawiranegara kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak percaya terhadap hoaks atau berita bohong mengenai vaksinasi Covid 19.

“Kami semua, Forkopimda sudah divaksin. Bahkan, (angka) kematian di Indonesia, 95 persen adalah yang belum divaksin. Dengan divaksin, angka kesembuhan cepat dan besar. Kedepan, dengan koordinasi RSUD, akan dilakukan vaksinasi kepada lansia (secara) door to door,” pungkasnya.

Reporter: Rls

The post Marfendi Optimistis Kekebalan Kelompok Tercapai di Bukittinggi first appeared on Start News.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi