Menu Sayur Dominasi Lomba Cipta Menu di Madina

Foto : Peserta yang menjuarai lomba Cipta Menu Makanan Lokal tingkat Kabupaten.

Mandailing Natal, StArtNews-Menu sayur-mayur mendominasi lomba Cipta Menu Makanan Lokal berbasis Beragam Bergizi Seimbang dan Aman atau (B2SA) tingkat Kabupaten yang diadakan Dinas Ketahanan Pangan Mandailing Natal. Dalam acara yang digelar di Kantor Dinas Ketahanan Pangan tersebut diikuti Peserta tiap Kecamatan se-Mandailing Natal. Dalam acara ini turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Mandailing Natal, Ny. Ika Djesika Dahlan Hasan, Senin (29/07/19).

Dalam lomba cipta menu makanan lokal ini para peserta diwajibkan memperkenalkan budidaya makanan lokal berbahan sayur-mayur, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Pemenang lomba menu makanan lokal ini nantinya akan mewakili Mandailing Natal untuk lomba yang akan diselenggrakan pemerintah Provinsi Sumut pada hari pangan sedunia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Madina, Sihar Nasution mengatakan, lomba cipta makanan lokal ini sengaja dibuat untuk mengangkat citra khas daerah agar bisa bersaing dengan makanan modern.

“Tanaman makanan seperti ubi bisa dijadikan pengganti beras. Biasanya kita mengonsumsi beras 3 kali dalam sehari. Dengan mengolah tanaman makanan ini kita bisa mengurangi konsumsi beras jadi 2 kali sehari ditambah dengan makanan tanaman tersebut,” katanya.

Dia menjelaskan, bahwa banyak masyarakat yang terdiagnosa mengidap penyakit Diabetes (Gula). Dengan program B2SA diharapkan mampu mengurangi kadar gula di dalam tubuh.

“Salah satu penyebab adanya penyakit Gula adalah terbiasa makan malam dengan mengonsumsi beras. Jadi dengan adanya program ini kita bisa menghindari makan di malam hari karena makanan tanaman ini sudah cukup pagi dan siang,” tutupnya.

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi