Meski Pembagian BLT Sesuai Musdes, Kades Mompang Julu Mengundurkan Diri

Panyabungan Utara, StArtNews-Pembagian atau penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sesuai hasil musyawarah desa (musdes).

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Mompang Julu Henri Hasibuan didampingi aparat desa, kepada wartawan Senin (29/6) menanggapi protes warga.

Henri menjelaskan sebelum BLT-DD tersebut dibagikan kepada masyarakat terlebih dahulu dilakukan rapat musyawarah desa yang dihadiri BPD, tokoh masyarakat dan alim ulama.

Dari musdes tersebut menghasilkan keputusan 873 KK penerima BLT DD dari sebelumnya 97 orang. Anggaran Dana desa Mompang Julu hanya bisa digunakan untuk BLT DD sebesar Rp174.600.000.

“Penerima BLT DD di Desa Mompang Julu ini sebanyak 873 KK dengan besaran Rp 200.00 KK dari 1400 KK, itulah hasil rapat musdes,” kata Henri.

Henri akhirnya menyatakan mengundurkan diri usai protes warga berakhir ricuh dan terjadi bentrok dengan pihak kepolisian. Surat pengunduran diri itu dibacakan oleh Camat Panyabungan Utara, Ridho Fahlevi di hadapan masyarakat, Selasa (30/6) dini hari.

Selain pengunduran diri Kepala Desa, masyarakat juga meminta agar kericuhan yang terjadi tidak diperpanjang oleh pihak kepolisian.

Blokade jalan akhirnya dibuka sekitar pukul 4.00 WIB setelah melewati mediasi alot beberapa jam sebelumnya.

Reporter: Saima Putra

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi