Nauli Bulung Sipolu Polu Ikuti Pelatihan Ketupat Nasi dan Santan Khas Natal

Nauli Bulung Sipolu Polu, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal Saat Belajar membuat Ketupat Nasi dan Santan khas Natal

Panyabungan, StArtNews-Nauli Bulung Kelurahan Sipolu-polu, Kecamatan Panyabungan mendapat kesempatan dari Bupati Mandailing Natal, Drs. Dahlan Hasan Nasution untuk belajar langsung ke Kecamatan Natal cara membuat Ketupat Nasi khas Kecamatan Natal.

Mereka diberangkatkan khusus mempelajari tatacara pembuatan ketupat nasi khas Natal itu.

Ketua Nauli Bulung Sipolu Polu Juli pada StArtNews, Senin sore (24/8) mengatalan, ada dua jenis makanan khas Kecamatan Natal yang dipelajari cara pembuatannya yakni Ketupat Nasi dan Ketupat Santan.

“Hanya satu hari saja, kami, perwakilan Nauli Bulung Sipolu-polu belajar pembuatan ketupat itu. Alhamdulillah, kami sudah bisa dan dalam jangka dekat kami akan demokan segera,” kata Yuli.

Ketua Nauli Bulung Sipolu-polu berharap, pengetahuan ini bisa dijadikan sebagai bahan praktik dan pelatihan bagi generasi muda Sipolu-polu.

“Ini sangat mudah proses pembuatannya dan bahannya juga sangat gampang diperoleh, tidak memakan modal banyak. Namun, makanan khas ini bisa menggantikan nasi dan bisa dijual di pasaran dengan harga terjangkau,” papar Yuli.

Yuli menjelaskan untuk bahan ketupat nasi adalah 1 tabung beras dicuci bersih kemudian tiriskan, lalu dimasukkan sampai sepertiga sarang ketupat. Setelah itu direbus dalam dandang sekitar 1 jam.

Untuk sambal ketupat nasi dibuat dari 2 ekor udang, cabai 4 ons, jahe, lengkuas, kunyit secukupnya dan kelapa 2 buah, kemudian santan secukupnya, minyak 1 kg, bawang merah 2 ons, ketumbar 1 ons.

Cara memasak sambal ketupat nasi ini dalah dengan menggiling halus semua bumbu lalu dicampur dengan udang dan santan. Kemudian dipanaskan dan diaduk sampai kering. Setelah itu panaskan minyak, masukkan bawang merah yang sudah diiris, lalu masukkan udang yang sudah dikeringkan tadi dan diaduk sampai berwarna kecoklatan

Bahan sambal untuk ketupat santan sendiri 1/2 kg udang, 1 ons cabeai rawit, 1/4 Kg bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, serai, 1,5 butir kelapa parut giling dan 1/2kg santan.

Cara membuat sambalnya, kata Yuli, goreng semua bumbu halus dan kelapa lalu masukkan santan dan digonseng smpai kering.

Dikatakannya, dengan adanya pelatihan ini, pihaknya merasa sangat beruntung diberi kesempatan untuk belajar ketupat khas natal ini.

“Setelah pelatihan ini, timbul di benak kami khususnya nauli bulung Sipolu-polu untuk membuat usaha bersama. Kami akan memproduksi ketupat ini di Sipolu-polu dan akan di asarkan di kantin-kantin,” jelas Ketua Nauli Bulung Sipolu-polu.

Tim Redaksi StArtNews

 

Ket Photo

Nauli Bulung Sipolu Polu, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal Saat Belajar membuat Ketupat Nasi dan Santan khas Natal

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi