Partisipasi Pemilih di Pilkades Serentak Madina Cukup Tinggi

 

Proses perhitungan suara di Desa Panggorengan Kecamatan Panyabungan.

Proses perhitungan suara di Desa Panggorengan Kecamatan Panyabungan.

Panyabungan.StArtNews-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) pada umumnya berjalan lancar, dan terlihat partisipasi pemilih cukup tinggi. Hal itu atas kehadiran masyarakat ke TPS, Rabu (30/11).

Dari hasil pantauan di bebarapa desa Gunungtua Raya Kecamatan Panyabungan partisipasi ada yang mencapai 90%. Padahal hari ini merupakan hari menderes bagi petani karet. “Kita cukup bangga dan salut partisipasi mencapai 90%, sementara hari Rabu itu memanen hasil menderes karet sepekan ini untuk dijual Kamis besok” ujar Ismail warga Desa Gunungtua Julu.Sementara hasil peroleh di Desa Panggorengan terpilih Muhammad Erwin Nasution dengan perolehan suara 307 disusul Fauji Jein 187 dan Darnis Ishak 54 suara. Desa Gunungtua Julu terpilih Ahd Sopian Nasution perolehan suara 398 jumlah DPT 1.179 yang memberikan hak suaranya 986 orang.Desa Huraba 2 kec Siabu dari 1.103 dpt yang hadir mencapai 998.”Tingginya partisipasi saya lihat masyarakat ingin perubahan, apalagi dengan lamanya Plt Kepala Desa, jadi masyarakat ingin pemimpin defenitif” ujar M. Pulungan warga.

Untuk desa Kayu Laut kecamatan Panyabungan Selatan merias lokasi TPS dengan adat budaya mandailing untuk menarik minat pemilih. “Ini kita lakukan untuk lebih memeriahkan pesta rakyat Pilkades. Dan alhamdulilah animo masyarakat cukup tinggi” ujar Ahmad tokoh pemuda setempat.
Komisi I DPRD Madina membidangi pemerintahan ketika melakukan peninjauan ke lokasi Pilkades juga mengakui pilkades berjalan lancar hanya saja ada beberapa desa yang batal melaksanakan pemilihan akibat kertas suara rusak.

“Kita melihat Pilkades serentak lancar, namun kita dapat informasi ada yang batal, dari keterangan Pemerintah Daerah ada kesalahan dari percetakan untuk kertas suara, dan kita himbau untuk dilaksanakan pilkades ulang” ujar Dodi Martua anggota Komisi I kepada wartawan.
Reporter : Z Ray
Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi