Pembersihan Material Longsor di Jalan Simpang Tolang Terus Dilakukan

Kotanopan, StArtNews- Pembersihan material longsor di  jalan menuju Simpang Tolang Julu Kecamatan Kotanopan Kab. Mandailing Natal terus dilakukan. Alat berat milik Pemkab Mandailing Natal sedang bekerja di jalur ini mulai tadi malam.

Informasi yang dihimpun StArtNews, Selasa (13/11) mengatakan, jalan ini sempat putus 5 hari dikarenakan material longsor yang menimpa badan jalan cukup banyak. Longsor ini terjadi Rabu malam lalu dan baru tadi malam alat berat diturunkan Pemkab Madina. Informasinya, keterlambatan alat berat ini disebabkan hampir bersamaan di seluruh jalan di Madina tertimpa longsor.

Saat ini, jalur ini hanya dapat dilalui sepeda motor. Itupun harus ekstra hati-hati. Sebab,  selain banyaknya material longsor, di bagian bawah badan jalan terdapat jurang yang dalam. Panjang longsor ini mencapai 60 meter dengan ketinggian 3 meter.

Sebelum alat berat ini diturunkan, warga sekitar sudah melakukan gotong royong untuk pembersihan material longsor, namun mengingat banyaknya material tanah yang jatuh,  usaha yang dilakukan warga tidak berhasil. Selama 5 hari warga terpaksa berjalan kaki melewati longsor ini.

Kepala Desa Simpang Tolang Julu, Amiruddin yang dihubungi di lokasi membenarkan alat berat dari Pemkab Madina sedang melakukan pembersihan material longsor. Pihaknya berharap, material longsor ini secepatnya bisa diangkat agar jalur ke desa ini bisa lancar seperti biasanya.

Dikatakannya, selama 5 hari ini bukan saja akses ke Simpang  Tolang Julu yang tertutup, tapi juga desa-desa yang dilewati jalur ini, misalnya desa Hutapuli, Sibio-Bio, Ujung Marisi, Pagar Gunung dan Batahan juga terkena imbasnya.

“Sudah 5 hari lebih jalur ini tidak bisa dilewati kendaraan.  Kita sudah melaporkan bencana ke Pemkab Madina usai kejadian, namun mengingat hampir semua jalan di Madina mengalami longsor, makanya alat berat belakangan datang kemari” ujar Amiruddin.

Sedangkan Camat Kotanopan melalui Sekcam Pamilu Daulay, S.Sos yang dihubungi mengatakan hal yang sama. “Mulai tadi malam alat berat sudah berada di lokasi.  Keterlambatan ini disebabkan hampir semuan jalan di Madina mengalami longsor, jadi semua alat berat di pakai ” ujarnya.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi