Pemkab dan Kemenag Madina Laksanakan Salat Gerhana Matahari

Panyabungan, StArtNews-Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dan Kantor Kementerian Agama Madina menggelar Salat Gerhana Matahari (Kusuf) bersama masyarakat muslim di Masjid Agung Nur Ala Nur Panyabungan, Kamis (26/12).

Turut hadir dalam acara tersebut para Asisten, Staf ahli, pimpinan OPD Pemkab Madina, Plt. Kepala Kemenag Madina; Drs. H. Zaianal Arifin, MM, Ketua MUI, para ASN, dan masyarakat muslim lainnya.

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Mandailing Natal H. Ahmad Zainul Khobir, S.Ag, MM mengatakan, pelaksanaan salat sunat gerhana ini sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Di samping itu juga sebagai tidak lanjut dari surat edaran Dirjen Bimas Islam dan Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Utara untuk melaksanakan Shalat Kusuf pada saat terjadinya gerhana matahari pada hari ini, Kamis 26 Desember 2019.

Bertindak sebagai imam H. Zulkarnaen Lubis, S.PdI dan Khatib Penyuluh Agama Islam Non PNS H. Mahyuddin Lubis, yang juga dalam kesehariannya sebagai Ketua Komisi Dakwah MUI Kabupaten Mandailing Natal.Mahyuddin Lubis dalam isi khutbahnya mengajak para jemaah untuk senantiasa melakukan evaluasi diri dan terus meningkatkan kesyukuran kepada Allah SWT.

“Pertaubatan diri dari berbagai kesalahan dan kekhilafan yang pernah dilakukan selama ini dengan taubatan nasuha merupakan bentuk dan wujud rasa kesyukuran kita kepada Allah SWT,” katanya.

Mahyuddin Lubis juga mengajak para jemaah untuk terus memelihara dan menjaga alam ini dengan baik. Jika dirusak maka bala bencana akan datang menimpa manusia dan masyarakat lainnya.

Pelaksanaan Salat Kusuf ini diakhiri dengan salam-salaman sesama jemaah yang hadir di Masjid Agung Nur Ala Nur Panyabungan.

Reporter: Lokot Husda

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi