Pemkab Madina Serahkan Rp7,85 Miliar Ganti Rugi Lahan Pembangunan Bandara Bukitmalintang

Pemkab Madina Serahkan Rp7,85 Miliar Ganti Rugi Lahan Pembangunan Bandara Bukitmalintang

Panyabungan, StartNews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) membayar uang ganti rugi  pembebasan lahan proyek Bandara Bukitmalintang senilai Rp 7,85 miliar kepada masyarakat setempat.

Uang ganti rugi itu diserahkan di Aula Kantor Camat Panyabungan Utara, Kabupaten Madina, Sumut, Rabu (14/12/2022).

Jumlah nominal uang ganti-rugi yang dibayarkan bervariasi, mulai dari Rp100 juta hingga Rp400 juta per kepala keluarga.

Dana tersebut bersumber dari dana Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) Sumatera Utara (Sumut) dan Rp 1,25 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Madina.

“Lahan milik warga tersebut dibayarkan melalui anggaran tahun 2022 dari dana Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) Sumut sebesar Rp 6,6 miliar dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni Rp 1,25 miliar untuk 63 bidang tanah,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Madina Adi Wardana.

Sementara Pj. Sekda Madina Alamulhaq Daulay menyampaikan apresiasi atas dukungan masyarakat terhadap pembangunan Bandara Bukitmalintang, sehingga tahap pembebasan lahan berjalan dengan baik.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Madina, saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua warga yang sudah dengan ikhlas dan rela tanahnya digunakan untuk kepentingan umum,” kata Alamulhaq.

Dia berharap uang ganti-rugi yang diterima warga dapat digunakan sebaik-baiknya untuk keperluan sehari-hari maupun melanjutkan usahanya.

Warga yang terkena pembebasan lahan menerima uang ganti-rugi dengan nominal yang bervariasi. Misalnya, Sarbani mendapat uang ganti rugi sebesar Rp 228.204.022, Na’am Nasution senilai Rp 467.692.205, dan Iwan Dermawan senilai Rp 402.369.829.

Warga penerima uang ganti-rugi, Jasim Saleh mengaku ikhlas dan mendukung pengembangan Bandara Bukitmalintang.

“Semoga kedepan, bandara ini bisa memfasilitasi sarana transportasi bagi Kabupaten Madina dan sekitarnya. Bermanfaat buat warga juga,memfasilitasi

Reporter: IRP

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...