Pemkab Mandailing Natal Peringati Hari Ibu ke 88

Pemkab Mandailing Natal Peringati Hari Ibu ke 88

Panyabungan.StArtNews-Dipromotori Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Rabu (14/12) bertempat di Gedung Serbaguna, Panyabungan, berlangsung peringatan Hari Ibu ke 88.

Peringatan Hari Ibu tersebut mengambil tema Kesejahtraan Perempuan dan Laki-laki untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan.

Hadir dalam kesempatan Peringatan Hari Ibu ke 88 ini, Wakil Bupati Mandailing Natal H. M. Jakfar Sukhairi Nasution, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Ketua DPRD Mandailing Natal Hj. Lely Artati, S.Ag, pengurus PKK se Kabupaten Mandailing Natal, Ibu-ibu Bhayangkari Polres Mandailing Natal, para Kepala SKPD dan seluruh Camat.

Ketua panitia Dra. Rina Wati dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang kembali akan pentingnya pemahaman dan penghayatan serta arti perjuangan dan kebangkitan kaum perempuan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kebangkitan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa tujuan peringatan tersebut untuk meningkatkan kesetaraan hak dan kewajiban perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan lingkungan yang kondusif untuk perlindungan perempuan dan anak.
Meningkatkan peran serta instansi pemerintah dan non pemerintah untuk menempatkan perempuan pada posisi pengambilan kebijakan yang responsif gender.

Ketua TP. PKK Mandailing Natal dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa perempuan mampu menjadi motor penggerak pembangunan, perempuan dan laki-laki punya hak yang sama dalam berpartisipasi. “Contohnya Ketua DPRD Mandailing Natal Hj. Lely Artati, S.Ag,” ujar Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution.

Sementara Wakil Bupati Mandailing Natal H. M. Jakfar Sukhaeri Nasution dalam arahannya mengharapakan pada peringatan Hari Ibu yang ke 88 dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam berbagai aspek, untuk mewujudkan Mandailing Natal yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian yang berlandaskan gotong royong.

Dalam kesempatan peringatan Hari Ibu tersebut dirangkai dengan perlombaan merias istri bagi suami dengan menutup mata dan pemberian santunan kepada 25 perempuan lansia dan jompo.

Reporter : Zein Nasution

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi