Pemprov Sumbar akan Kejar Target 100 Ribu Entrepreneur

Padang, StartNews – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan program digitalent guna menggenjot peningkatan entrepreneurship di Sumbar. Program ini sesuai dengan target yang disusun dalam program unggulan Sumbar Madani 2021-2026.

“Seorang pengusaha belum tentu entrepreneur, entrepreneur pasti pengusaha,” kata Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy dalam rapat pematangan persiapan percepatan program 100.000 Millenial Entrepreneur yang digelar di Kompleks Gubernuran, Padang, Selasa (14/9/2021).

Audy menyampaikan dari segi jumlah, pelaku usaha di Indonesia saat ini baru sekitar 2 persen. Sementara untuk mendukung ekonomi, kata dia, dibutuhkan entrepreneur setidaknya 4 persen dari  jumlah penduduk.

Bagi Audy, menjadi entrepreneur itu bukan hanya dari nol kemudian menjadi pemilik usaha, tapi proses meningkatkan skala bisnis, menaikkan revenue, sudah mampu membuka lapangan kerja maupun belum, itu semua entrepreneurship.

“Orang yang berusaha meningkatkan skala bisnis dan meningkatkan revenue, mau itu dari nol ataupun sudah memiliki usaha UMKM, semua adalah target Digitalent Sumbar untuk mencetak 100.000 milenial entrepreneur,” tegasnya.

Program ini nantinya akan melibatkan banyak pihak untuk memberi pelatihan usaha di berbagai bidang dengan kerja sama lintas sektoral, termasuk akses keuangan untuk permodalan usaha.

“100.000 milenial nanti akan kita cetak lewat pelatihan di berbagai sektor usaha sesuai minat masyarakat, semua akan bisa diakses lewat aplikasi,” jelasnya.

Aplikasi untuk Program Digitalent Sumbar sendiri saat ini sudah memasuki tahap akhir pengembangan oleh Dinas Kominfotik Sumbar dan akan dikelola Dinas Koperasi dan UMKM untuk mendorong peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Reporter: Rls

The post Pemprov Sumbar akan Kejar Target 100 Ribu Entrepreneur first appeared on Start News.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi