Penemu Apilaksi Gordang Sambilan Akan Berlaga di Ajang Nasional

Panyabungan, StArtNews- Dedek Dwi Saputri Sukri  yang masih duduk di bangku Sekolah berhasil menemukan Aplikasi Seni musik kebudayaan Kabupaten Mandailing Natal yakni Gordang Sambilan.

Duwi yang masih menempati bangku Sekolah di SMP Negri I Kecamatan Siabu rencananya Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melalui Dinas Pendidikan akan berangkatkan ke Semarang bertanding dalam laga Media Pembelajaran secara Nasional.

Duwi mengatakan Aplikasi Gordang Sembilan berhasil ditemukan melalui Teknologi Informasi atau Handphone Android serta tidak luput dari bantua sang ayah.

“Apalikasi ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya seni Mandailing Natal seperti Gordang Sambilan di zaman digital saat ini kepada Anak-anak sekolah serta generasi muda khususnya masyarakat Madina,”ujar Dwi Kamis (27/09/18).

Dalam apliksi ini bisa dilihat kata Dwi tentang pengertian makna gordang sambilan, kegunaan, sejarah dan bagian-bagian gordang sambilan.

Semetara Kepala Dinas Pendidikan Daud Batubara sangat mengerepresasi karena ini penemuan yang berbasis ilmu pengetahun di kalangan siswa-siswi untuk ilmu belajar dalam ilmu pengetahuan.

“Dan ini bisa dijadikan sebagai kurikulum sekolah pendidikan untu mengenali sejarah gordang sambilan di Negeri taat beribadat” ujarnya.

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...