Penjelasan PUPR Madina Terkait Jalan Rusak di Pasar Baru Panyabungan

Panyabungan, StArtNews-Warga Mandailing Natal (Madina) mengeluhkan sejumlah jalan rusak menuju Medan-Padang. Salah satunya yang ada di depan SPBU Pasar Baru Panyabungan. Para pengguna jalan yang melintas pun harus selalu berhati-hati lantaran banyak lubang di jalan yang tertutup oleh air.

Jalan tersebut sudah cukup lama tidak mendapat perbaikan, sehingga membuat kerusakan bertambah parah. Terlebih jika hujan deras turun akan membuat genangan air semakin tinggi.

Meski pemerintah daerah sudah berkali-kali melakukan penambalan dengan pasir kerikil dan pengerukan sampah di saluran drainase tetapi hasilnya belum maksimal.

Bahkan orang nomor satu di Sumatra Utara pun pernah melakukan peninjauan di areal jalan rusak tersebut saat kunjungan kerja ke Madina beberapa bulan lalu.

Kepala Dinas PUPR Madina, Subuki pada Kamis (31/12) menjelaskan air yang menggenangi jalan rusak tersebut menurut identifikasi awal akibat sampah rumah tangga yang menyumbat saluran drainase, sehingga tidak bisa mengalir.

Kemudian untuk melakukan perbaikan jalan rusak tersebut pemerintah harus merencanakannya dengan matang dan membutuhkankan anggaran yang besar.

“Pembersihan sudah sering kita (pemerintah daerah) lakukan, namun sifatnya kan hanya sementara, kalau genangan air itu karena terjadi penyumbatan dari parit yang disebabkan sampah dari warga,” katanya.

Selanjutnya kata dia, jalan yang rusak tersebut merupakan jalan nasional di bawah naungan pemerintah pusat. Itu pun sudah dilakukan tender ulang tahun 2020 ini. Untuk sementara di wilayah jalan yang kerap rusak tersebut akan ditambal dengan plat baja.

“Di tahun 2021 akan datang diprogramkan kemabali, untuk sementara nanti solusinya jalan harus dipotong dan ditambal dengan plat beton,” ujar Subuki.

Reporter: Hasmar Lubis
Editor: Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi