Penyaluran BLT-DD di 34 Desa di Kecamatan Kotanopan Tuntas

Kotanopan, StArtnews-Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di 34 desa di Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sudah tuntas disalurkan, Kamis (21/5).

Penyaluran yang dilaksanakan secara maraton dalam seminggu terakhir di wilayah ini tetap dipantau Muspika Kotanopan, pendamping dan instansi terkait yang berkompoten untuk itu.

Tuntasnya penyaluran BLT Dana Desa di Kecamatan Kotanopan ini sudah mengakomodir instruksi dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal yang disampaikan melalui surat kepada seluruh kepala desa di Indonesia agar penyaluran BLT Dana Desa dilaksanakan paling lambat tanggal 24 Mei 2020.

Camat Kotanopan Kholilullah, S.Sos yang dihubungi StArtNews membenarkan bahwa penyaluran BLT Dana Desa tahap 1 untuk bulan Mei di 34 desa di Kecamatan Kotanopan sudah tuntas disalurkan.

Dengan demikian instruksi dari Kementerian Desa agar BLT Dana Desa disalurkan sebelum tanggal 24 Mei 2020 sudah tersahuti. Penyaluran terakhir dilakukan pada Kamis kemarin di 7 desa, yaitu di desa Batahan, Padang Bulan MS, Gunung Tua MS, utapungkut Julu, Simandolam, Muara Potan dan Sopo Sorik.

Dikatakannya, BLT Dana desa ini bisa tersalurkan dengan cepat berkat kerja sama yang baik dari semua pihak, mulai dari Kepala Desa, aparat desa, pendamping desa, operator, tokoh masyarakat dan Muspika Kotanopan.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyaluran dana BLT Dana Desa ini sehingga selesai pada waktunya.

Sedangkan Kepala Desa Muara Botung, H. Ali Atas Nasution mengatakan, pihaknya sudah menyalurkan BLT Dana Desa dari empat hari yang lalu. Jumlah penerima BLT Dana Desa di wilayahnya 94 orang setelah dikeluarkan data PKH, DTKS dan non DTKS.  Dalam penyaluran yang dilakukan tidak ada masalah di lapangan.

Atas nama masyarakat, ia juga berterima kasih kepada Pemerintah mulai dari daerah sampai pusat yang telah mengucurkan bantuan di tengah musibah Covid 19.

“Mudahan-mudahan bantuan tahap 1 sebesar Rp. 600 ribu/KK ini membuat ekonomi warga terbantu menghadapi Idulfitri yang di depan mata,” terangnya.

Pantauan StArtnews di lapangan dalam seminggu terakhir, penyaluran BLT Dana desa ini disambut antusias dari warga desa.  Masing-masing di antara mereka berharap agar penyaluran BLT Dana Desa itu terus berlanjut.  Sebab, rata-rata warga desa saat ini terimbas Covid 19. Turunnya bantuan ini sangat membantu perekonmian keluarga.

Faridah Hanum, warga Muara Pungkut salah seorang penerima BLT Dana Desa mengaku menerima Rp600 ribu.  Dana ini akan dipergunakan untuk membelikan kebutuhan pokok dasar, misalnya beras dan kebutuhan lainnya.  Ia iuga berharap agar bantuan ini terus berlanjut agar warga benar-benar terbantu nantinya.

Reporter: Lokot Husda

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi