Peringatan ke-55 HKN di Madina, Berbagai Kegiatan Diselenggarakan

Foto: Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution memberikan piagam penghargaan kepada tenaga kesehatan yang berprestasi.

Mandailing Natal, StArtNews-Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melalui Dinas Kesehatan mengadakan Peringatan ke-55 Hari Kesehatan Nasional (HKN), Rabu (20/11).

Pada peringatan HKN yang dipusatkam di Taman Raja Batu Komplek Perkantoran Bupati digelar senam massal, donor darah, pememberian penghargaan bagi tenaga kesehatan yang berprestasi dan pembagian lucky draw.

Dalam kesempatan tersebut Kadis Kesehatan Madina, dr. Syarifuddin Nasution, menyampaikan dalam rangka peringatan ke-55 HKN telah dilaksanakan berbagai perlombaan seperti lomba kader teladan, bidan desa terbaik, lomba balita sehat, lomba posyandu terbaik, lomba isi piringku, dan lomba senam germas.

Syarifuddin mengungkapkan saat ini ada 23 Puksemas di Madina yang sudah terakreditasi. 20 Puskemas suratnya sudah turun dan 3 lagi masih dalam proses. Dari 20 Puskesmas tersebut ada dua yang mendapat Akreditas Utama, tiga belas Akreditas Madya, dan lima Akreditas Dasar.

Sementara Bupati Madina, Drs. Dahlan Hasan Nasution, menyampaikan saat ini ada lima isu strategis Nasional di bidang kesehatan yang menjadi perhatian bersama yaitu stunting, kematian bayi dan ibu melahirkan, imunisasi, tuberculosis paru dan penyakit tidak menular.

“Untuk itu saya mengajak semua elemen agar saling mendukung demi pemberantasan masalah kesehatan,” ucap Bupati.

Foto: Ketua TP PKK Madina Ny Ika Desiska Dahlan Hasan, disaksikan Bupati Madina dan Forkopimpa memotong tumpeng pada acara Puncak HKN tahun ini

Dahlan berharap kegiatan HKN ini bisa menjadi ajang untuk menyosialisasikan kegiatan yang bertujuan menwujudkan masyarakat Indonesia sehat.

“Dan kepada tenaga kesehatan yang berada di rumah sakit pemerintah maupun swasta dan puskesmas mari kita buat komitmen untuk mengubah sikap,” tegas Bupati.

Orang nomor satu di Madina ini menjelaska mengubah sikap yang dimaksud adalah melayani pasien dengan senyuman, bukan dengan cemberut.

“Kalau kita melayani pasien dengan cemberut, kita akan terlihat seperti mak lampir,” seloroh Bupati.

Selain dihadiri Bupati Madina, acara Peringatan ke-55 HKN tersebut juga dihadiri Forkopimda, Ketua TP PKK Madina; Ny Ika Desika Dahlan Hasan dan seluruh OPD Madina.

 

Reporter: Saima Putra

Editor: Hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi