Perlombaan Warnai Pameran Pekan Pendidikan Madina

Panyabungan, StArtNews-Hari terakhir kegiatan pameran Pekan Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) semakin disambut antusias pelajar dan masyarakat.

Pameran pendidikan yang berlangsung selama tiga hari ini dibuka sejak tanggal 4 Desember dan berakhir 6 Desember tahun anggaran 2019 dan diselenggarakan di Taman Raja Batu, Kompelek Perkantoran Payaloting.

Acara tersebut direncanakan menjadi kegiatan tahunan sebagai ajang unjuk kreativitas dan kemampuan dengan tujuan untuk mencapai visi misi pendidikan, dalam hal ini meningkatkan mutu dan kualitas serta memajukan kebudayaan.

Beberapa perlombaan pun mewarnai pameran pendidikan ini, yakni kreasi tarian daerah yang diikuti pelajar SD dan SMP dari perwakilan 17 Kordinator Wilayah (Korwil) se-Kabupaten Madina.

Selain itu ada juga perlombaan pertunjukan Gordang Sambilan dari anak SD dan SMP serta kreasi stand sebanyak 17 Korwil ditambah 1 stand dari Dinas Pendidikan Madina.

Salah satu kereasi stand, stand Korwil VII Kecamatan Lembah Sorik Marapi Tambangan menampilkan hasil karya siswa berupa Tas yang yang terbuat dari goni dan pernak-pernik lainnya.

Pembukaan pameran ini diresmikan oleh Bupati Madina, Drs. Dahlan Hasan Nasution diwakili Sekda, Muhammad Gozali Pulungan.

Dahlan Hasan Nasution melalui Sekdakab Madina, dalam pidato pembukaan mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah pemberdayaan masyarakat untuk pembangunan berkelanjutan. Ini merupakan tuntutan perubahan dan dinamika pembangunan yang tidak terlepas dari keterkaitan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Pada program pembangunan menekankan pada pertumbuhan, pemerataan, stabilitas serta jangkauan yang lebih luas khususnya peningkatan kualitas dan mutu pendidikan dan pemajuan kebudayaan,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Madina, Jamila, S.H menyampaikan kegiatan ini telah sesuai Undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, Program Pembangunan Kebudayaan Kabupaten Madina tahun 2019 dan Peraturan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 6 tahun 2019 tentang Bantuan Pemerintah Gerakan Seniman Masuk Sekolah.

Dari informasi yang dihimpun reporter StArtNews, Pameran Pendidikan ini akan ditutup langsung Bupati Mandailing Natal, Drs. Dahlan Hasan Nasution sore ini.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi