Hak Cipta @Redaksi

PKK Madina Galakkan Pencegahan Stunting

Foto : Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal Ny. Ika Djesika Dahlan Hasan.

Panyabungan.StArtNews – Untuk mencegah Stunting pada anak, Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal Ny. Ika Djesika Dahlan Hasan terus menggalakkan sosialisasi bersama Dinas terkait guna memberikan pemahaman kepada Ibu agar memberikan makanan yang bergizi dan seimbang pada anak sejak usia dini sehingga terhindar dari Stunting. Hal ini dikatakannya dalam acara Lomba cipta menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman atau (B2SA) yang diadakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mandailing Natal Senin 29/07.

Stunting yang dimaksud Ketua PKK Madina, kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya (kurang gizi).

Dijelaskan Ika Djesika Dahlan Hasan, bahwa stunting disebabkan oleh kekurangan gizi kronis dengan manifestasi kegagalan pertumbuhan yang dimulai sejak masa kehamilan ibu hingga anak berusia Dini.

“Ditekankan untuk masyarakat khususnya para ibu agar terus mengkonsumsi pola makanan sehat berupa sayuran, buah-buahan dan juga ikan,” harapnya.

Saat ini kata Ketua Penggerak PKK Madina, PKK Madina terus bergerak memberikan sosialisasi pada masyarakat tentang pemanfaatan pekarangan yang bernilai ekonomis yang juga untuk pertumbuhan gizi pada anak, seperti pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman sayur mayur atau tanaman yang memiliki nilai ekonomis dan kesehatan sehingga para Ibu bisa mengurangi pengeluaran belanja ketika tanaman berhasil dipanen.

Foto : Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Mandailing dalam acara Lomba cipta menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman atau (B2SA).

Dalam hal ini kata Ika Djesika, Mandailing Natal beberapa hari lewat juga mendapat penghargaan dalam Lomba Hatinya PKK dengan Kategori Pemanfaatan Tanaman Pekerangan Rumah tahun 2019 yang diikuti 34 Provinsi pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke 47 Sumatera Barat. Dalam acara tersebut Madina mendapat Juara II Nasional.

 

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis 

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...