Publikasi Daftar Warga Tak Punya Hak Pilih Penting, Ini Alasannya

Foto: Adi Mansar.

Panyabungan, StArtNews-Publikasi dan transparansi daftar warga tak punya hak pilih dalam PSU di Madina sangat penting dan perlu dilakukan oleh KPU. Hal ini karena keberadaan DPT yang baik menjadi satu kunci susksesnya Pilkada. DPT yang simpang siur rentan dimanfaatkan pasangan calon (paslon) atau tim pemenangan untuk berbuat curang atau menguntungkan paslon tertentu.

Kekhawatiran akan simpang siur DPT itu pula yang menjadi perhatian kuasa hukum paslon H. M. Jakfar Sukhairi Nasution–Atika Azmi Utammi Nasution (SUKA), Adi Mansar menjelang pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang akan diselenggarakan pada Sabtu (24/4) pekan ini.

Adi Mansar kepada StArtNews, Selasa (20/4) menyampaikan untuk menghasilkan PSU yang jurdil, KPU harus memublikasikan nama-nama yang meninggal dunia, warga pindah alamat atau yang tidak memungkinkan untuk hadir pada PSU yang masih terdaftar pada DPT.

Hal itu, kata Adi Mansar, bukan perkara sulit bagi penyelenggara mengingat pelaksanaan PSU hanya terjadi di 3 TPS dengan DPT sekitar 1.200 orang.

Publikasi nama-nama tersebut dipandang penting untuk memastikan orisinilitas suara dan meminimalisir adanya pelanggaran atau kecurangan.

Adi Mansar juga menyoroti dan mewanti-wanti penyalahgunaan KTP dan penerbitan KTP palsu demi keuntungan paslon tertentu pada PSU ini.

“Ini bisa saja terjadi karena kekuasaan yang dimiliki. Penyelenggara dan masyarakat harus mengawasinya,” katanya.

Untuk diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) menerima beberapa gugatan paslon SUKA dan memerintahkan kepada KPU Madina untuk menggelar PSU di 3 TPS; TPS 001 Desa Bandar Panjang Tuo, TPS 001 dan TPS 002 di Desa Kampung Baru. Jadwal PSU pun sudah ditetapkan oleh KPU yakni Sabu 24 April 2021.

Reporter/Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi