Reses Ketiga, Ketua DPRD Madina Serap Aspirasi Konstituen di Gunungtua

Reses Ketiga, Ketua DPRD Madina Serap Aspirasi Konstituen di Gunungtua

Panyabungan, StartNews – Memasuki masa reses ketiga, Ketua DPRD Mandailing Natal (Madina) Erwin Efendi Lubis menyerap aspirasi para konstituennya di Desa Gunungtua, Panggorengan, Kecamatan Panyabungan, Rabu (1/9/2021) malam.

Untuk menampung dan mendengar langsung aspirasi konstituennya yang mayoritas petani, Erwin juga mengundang Kepala Dinas Pertanian Madina Siar Nasution.

Akhiruddin Borotan, misalnya, mengeluhkan masalah gagal panen padi seluas lima hektare akibat serangan hama burung di Saba Ipar, Desa Gunungtua, Lumban Pasir. Menurut dia, petugas penyuluh lapangan (PPL) Dinas Pertanian Madina selalu terlambat datang dan kurang responsif melihat kondisi di lapangan.

Keluhan serupa diungkapkan Kades Gunungtua Lumban Pasir Zulham Riyadhi Nasution. Dia mengatakan sawah yang gagal panen tersebut dikelola Kelompok Tani Membangun Satu yang berjumlah 40 orang.

Zulham mengaku sudah menerima keluhan itu dari para petani di desanya. Itu sebabnya, dia menyarankan sawah yang gagal panen tersebut untuk sementara digantikan dengan tanaman palawija atau tanaman holtilkultura.

Untuk itu, Zulham berharap Dinas Pertanian Madina dapat memfasilitasi petani terkait pengadaan bibit jagung atau tanaman lainnya agar petani tidak mengalami kerugian besar akibat sawahnya gagal panen.

Aspirasi juga disampaikan warga Desa Gunungtua Jae. Mereka meminta agar jalan usaha tani di desa mereka dibangun. Sebab, di lokasi tersebut juga bertetapan dengan jalan warga menuju tempat pemakaman umum di desa tersebut.

“Setiap ada kemalangan di desa kami (Gunungtua Jae), kami membawa jenazah ke pemakaman dengan melewati jalan pertanian yang tertimbun pelepah kelapa. Kami meminta agar jalan tersebut dapat dibangun,” sebut salah seorang warga.

Menjawab berbagai keluhan warga tersebut, Kadis Pertanian Madina Siar Nasution mengatakan jalan usaha tani yang dikeluhkan warga Desa Gunungtua Jae sudah dianggarkan pada tahun 2021, sehingga tinggal menunggu jadwal pengerjaannya saja.

“Tidak hanya di Desa Gunungtua Jae yang akan dibangun jalan usaha tani. Di Desa Gunungtua Lumban Pasir pun ada dua jalan yang akan dikerjakan pada tahun ini. Jadi, di tahun 2021 totalnya ada tiga jalan tani yang dibangun dalam waktu dekat di Gunungtua Raya ini,” ungkapnya.

Terkait permintaan petani yang gagal panen, Siar mengatakan pihaknya akan memfalitasinya dengan bantuan bibit tanaman holtilkultura seperti jagung. “Kita akan falitasi dan melaporkannya ke pusat agar bantuan tersebut cepat kita dapat,” tutur Siar.

Erwin Minta Warga Rajin Ibadah dan Berdoa

Sementara Erwin Efendi Lubis menegaskan kembali komitmennya untuk terus memperjuangkan aspirasi warga Gunungtua Raya. “Tanpa bapak-bapak minta pun, saya akan tetap memperjuangkannya,” kata Erwin disambut aplaus para konstituen.

Meski demikian, Ketua Partai Gerindra Madina ini juga meminta warga memahami kondisi bangsa Indonesia, termasuk Madina, yang belum bisa lepas dari pandemi Covid-19.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, kata Erwin, pemerintah melakukan realokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19. “Kita harus sabar dan mengikuti kebijakan pemerintah saat ini dalam penanganan Covid-19. Karena itulah yang terbaik buat kita saat ini,” tutur orang nomor satu di lembaga legislatif Madina ini.

Bahkan, Erwin mengimbau warga berperan aktif memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menjaga kebersihan serta tekun beribadah dan beroda.

“Saat ini kita harus memperhatikan lingkungan kita masing-masing. Menjaga diri kita agar terhindar dari penyakit. Kita sama-sama tahu bahwa virus (Corona) itu memang ada,” tegas Erwin.

Erwin mengajak masyarakat berdoa agar pagebluk Covid-19 ini segera berakhir. “Menjaga air wuduk itu salah satu ikhtiar kita untuk tetap terjaga dengan selalu mencuci tangan dan sebagainya agar virus tersebut dapat kita hindari,” pungkasnya.

Reporter: Hasmar Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi