Sebanyak 544 Kios dan 300 Los Pasar Baru yang Ludes Terbakar Ratusan Lainnya Mengalami Kerusakan

Panyabungan.StArtNews – Pasca Peristiwa kebakaran di Pasar Baru Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, aktivitas dagang masih lumpuh total, kerugian yang ditaksir mencapai ratusan Milliar Rupiah. Dari catatan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar Kabupaten Mandailing Natal menyebutkan, jumlah lapak pedagang yang hancur ada sebanyak 844 unit, dan rata-rata kios dan ruko yang tidak terbakar mengalami kerusakan parah terutama bagian pintu dan plafon kios dan ruko.
844 tersebut meliputi 544 kios dan 300 loss. Dari pantauan StArtNews, hanya beberapa orang pedagang sayur yang tetap berjualan usai peristiwa yang terjadi pada Sabtu dinihari kemarin itu.

Kepala Bidang Pasar Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal Ahyar Rangkuti menyebutkan, jumlah kios dan loss yang ludes dilahap si jago merah sebanyak 844 dan yang lainnya mengalami kerusakan.
“Yang terkena dampak berjumlah 844, 544 kios dan 300 loss. Hanya sedikit yang tidak terkena dampak, kios yang berada di paling depan, namun kios dan ruko mengalami kerusakan karena saat proses penyelamatan barang-barang pedagang pintu kios dan ruko terpaksa dirusak” sebutnya.
Saat ini, sambung Ahyar, Pemerintah Kabupaten Madina sudah menyiapkan beberapa rencana penanggulangan musibah kebakaran tersebut.
“Ada beberapa alternatif yang akan dibawa rapat bersama pak Bupati dan isntansi terkait, termasuk Forkopimda, kita harap nanti ada alternatif dalam waktu yang tidak lama sehingga para pedagang bisa kembali melakukan aktivitas mereka, ” tambahnya.
Sementara itu sejumlah pedagang nekat mengkapling-kapling pelataran pasar baru untuk dijadikan lapak dagangan mereka. Mereka mengaku tidak sabar menunggu kepastian Pemerintah Daerah sehingga mereka mengambil inisiatif mengkapling lokasi terminal dan pelataran parkir Pasar Baru untuk dijadikan tempat sementara sebelum ada kepastian dari Pemeritah Daerah.
Muammad salah satu korban kebakaran Pasar Baru pada StArtNews mengatakan, Pemerintah Daerah harus sesegera mengkin mengambil tindakan karena apabila diperlambat perekenomian akan lumpuh total.
Dikatakan Muammad bahwa ada dua alternatif yang mereka dapat informasi relokasi pedagang yakni di pasar pagi Pasar baru atau bagian belakang pasar baru dan di daerah Bekas Bioskop Tapanuli Pasar Lama. Namun mereka mengaku belum mendapat kepastian.
Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...